INFORMASI TEST ELPT (KLIK DISINI)

Tanggap Bencana: Mahasiswa Program Alih Jenis B26 dan Program Spesialis Keperawatan Medikal Bedah Lakukan Penyuluhan Pencegahan Gempa Megathrust

  • By Salwa Az Zahra
  • In Ners News
  • Posted 22 October 2024

NERS NEWS - Pada hari Sabtu, 19 Oktober 2024 Mahasiswa Program Alih Jenis Angkatan B26 dan Program Spesialis Keperawatan Medikal Bedah melaksanakan kegiatan Project Based Learning (PjBL) mata kuliah Keperawatan Bencana dan Keperawatan Kritis yang diselenggarakan di SMK Negeri 5 Surabaya. Kegiatan PjBL ini berupa penyuluhan tentang pencegahan gempa megathrust dengan tema "The Future of Education: Innovation and Preparedness regarding Trends in Megathrust Earthquake Issues in Project-Based Learning for Adolescent Development".

Kegiatan ini meliputi pre-test dan post-test materi bencana gempa bumi, pemaparan materi bencana gempa bumi, dan simulasi bencana gempa bumi. Sesi penyampaian materi disampaikan oleh BASARNAS. Setelah itu, kegiatan dilanjutkan dengan simulasi yang melibatkan panitia dan siswa-siswi. Selain itu, panitia beserta siswa-siswi juga melakukan evakuasi, penentuan triage dan tindakan pertolongan pertama korban bencana. Setelah sesi simulasi, dilanjutkan dengan evaluasi dan debriefing oleh BASARNAS dan Dosen Keperawatan terkait dengan simulasi yang telah dilakukan.

Simulasi ini tidak hanya meningkatkan pemahaman siswa-siswi tentang keselamatan, tetapi juga membangun rasa solidaritas dan kerja sama di antara mereka. Harapan kami, pengalaman ini dapat menumbuhkan kesiapsiagaan dan respon yang tepat, cepat, tanggap dalam mengantisipasi bencana.

Terima kasih kepada semua siswa-siswi dan panitia yang telah berpartisipasi dan berkontribusi untuk kesuksesan acara ini.

 

Penulis: Nora Lailia dan Naila Faradisa
Editor : Salwa Az Zahra (Airlangga Nursing Journalist)

Pin It
Hits 29