INFORMASI TEST ELPT (KLIK DISINI)

Identifikasi Pasien : Pentingnya Mengetahui Tujuan Pemasangan Gelang Pasien Di Ruang Bedah Dahlia RSUD Dr. Soetomo Surabaya

  • By Anindya Putri Ravina
  • In Ners News
  • Posted 22 October 2024

NERS NEWS – Surabaya, 10 Oktober 2024 – Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ners Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga, Surabaya menggelar penyuluhan kesehatan mengenai pentingnya identifikasi pasien pada keluarga pasien di ruang Bedah Dahlia RSUD Dr. Soetomo Surabaya. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Kamis, 10 Oktober 2024 oleh kelompok mahasiswa yang terdiri dari 3 mahasiswa: Afifah Afra Azizah, Benedikta Jenika Indawan Saputri, dan Intan Yuliana Kusumaningtyas yang dibimbing oleh Ika Nur Pratiwi, S.Kep., Ns., M.Kep.

Edukasi kesehatan ini menjadi penting karena identifikasi pasien merupakan salah satu sasaran keselamatan pasien. Dalam sesi tersebut, Benedikta Jenika selaku pemateri, memberikan penjelasan tentang pentingnya identifikasi pasien. Ia menyampaikan, "Identifikasi pasien adalah suatu sistem identifikasi kepada pasien untuk membedakan antara pasien satu dengan pasien yang lainnya sehingga memperlancar atau mempermudah dalam pemberian pelayanan kepada pasien.”

Penyuluhan ini menekankan pentingnya identifikasi pasien yang bertujuan untuk memastikan ketepatan pasien yang akan menerima layanan atau tindakan, menyelaraskan layanan atau tindakan yang dibutuhkan oleh pasien, serta mencegah kesalahan dan kekeliruan dalam proses pemberian layanan, pengobatan, tindakan yang akan dilakukan ke pasien. Selain itu peserta juga dijelaskan mengenai jenis-jenis warna gelang pasien dan beberapa tindakan yang memerlukan identifikasi pasien.

Peserta edukasi yang terdiri dari keluarga pasien antusias dalam mengikuti kegiatan ini dan memperhatikan materi dengan seksama. Peserta aktif bertanya dan dapat memberi feedback dengan benar ketika evaluasi di akhir penyuluhan mengenai jenis-jenis gelang pasien. Dengan adanya kegiatan edukasi ini, diharapkan pengetahuan keluarga terkait identifikasi pasien dapat meningkat, keluarga diharapkan dapat membantu dalam proses identifikasi apabila pasien tidak mampu secara fisik agar tidak terjadi kesalahan tindakan. Dengan edukasi yang baik dan kerjasama dari keluarga pasien, diharapkan proses pelayanan ke pasien dapat berjalan dengan aman.

 

Penulis : Afifah Afra Azizah
Editor : Anindya Putri Ravina (Airlangga Nursing Journalist)

 

Pin It
Hits 19