INFORMASI TEST ELPT (KLIK DISINI)

Dosen Unair Lolos dalam Academic Leader Bidang Kesehatan

  • By Salwa Az Zahra
  • In Ners News
  • Posted 17 October 2024

NERS NEWS - Surabaya, 11 Oktober 2024 – Universitas Airlangga kembali menunjukkan prestasinya dalam ajang bergengsi dalam dunia pendidikan. Pada Jumat, 11 Oktober 2024, Unair mengikuti tahapan verifikasi program Anugerah Academic Leader 2024, sebuah program prestisius yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek). Dalam kategori dosen di bidang kesehatan, Unair diwakili oleh Ferry Efendi, S.Kep., Ns., M.Sc., Ph.D., seorang akademisi keperawatan yang dikenal luas atas kontribusi signifikan dan inovasi berkelanjutan di dunia akademik dan kesehatan.

Kegiatan verifikasi ini berlangsung di Ruang Kahuripan 301, Kampus C Universitas Airlangga, dimana Tim Asesor dari Kemendikbudristek hadir untuk melakukan penilaian langsung. Tim Asesor disambut hangat oleh Tri Suksmono Asung Raharjo, S.E., M.Hum., selaku Sekretaris Direktorat Sumber Daya Manusia Unair, didampingi oleh jajaran pimpinan Fakultas Keperawatan yang diwakili oleh Wakil Dekan I, Dr. Ika Yuni Widyawati S.Kep. Ns., M.Kep., Ns.Sp.Kep. MB, Jajaran pimpinan Sumber Daya Manusia Unair serta perwakilan stakeholder lainnya.

Dalam sesi presentasi, Ferry Efendi, Ph.D., memaparkan berbagai program unggulan yang telah dikembangkan di bidang kesehatan, yang mengintegrasikan penelitian, pendidikan, dan inovasi teknologi. Salah satu inovasi unggul mandiri yang dipresentasikan adalah Aplikasi Pasar Kerja Perawat (PKP), sebuah platform berbasis digital yang dirancang untuk meningkatkan akses lapangan kerja bagi perawat di Indonesia. Inisiatif ini didasari oleh prinsip “dari perawat, oleh perawat, untuk perawat”, yang bertujuan memberdayakan komunitas perawat agar dapat saling mendukung dalam meningkatkan profesionalisme dan mendapatkan kesempatan kerja yang lebih baik. PKP juga diharapkan menjadi solusi praktis dalam menjawab tantangan distribusi tenaga perawat dan memastikan bahwa perawat di Indonesia dapat terserap secara optimal sesuai kebutuhan di berbagai fasilitas kesehatan.

Presentasi ini dilanjutkan dengan sesi tanya jawab, dimana para Asesor menggali lebih dalam mengenai dampak program-program tersebut dalam pengembangan keilmuan dan pengajaran di Indonesia. Salah satu poin penting dari kegiatan ini adalah visitasi ke kantor Aplikasi PKP, yang menjadi bagian dari proses penilaian inovatif Ferry Efendi, Ph.D.

Program Anugerah Academic Leader merupakan bagian amanat dari kebijakan Pendidikan Tinggi yaitu Merdeka Belajar-Kampus Merdeka yang bertujuan untuk mencetak dosen sebagai pemimpin keilmuan yang visioner. Para dosen diharapkan mampu menginspirasi generasi muda, termasuk dosen muda dan mahasiswa, serta unggul dalam karya inovatif yang bermakna nyata baik secara akademik maupun kebermaknaan bagi pembangunan masyarakat dan bangsa, hingga mendapat pengakuan nasional dan/atau internasional.

Dengan lolosnya Ferry Efendi, Ph.D. dalam tahapan verifikasi ini, Universitas Airlangga kembali menegaskan komitmennya dalam mendukung pengembangan akademisi unggul yang mampu bersaing di tingkat nasional maupun internasional. Semoga langkah ini menjadi inspirasi bagi civitas akademika lainnya untuk terus berprestasi dan berkarya.

 

Penulis : Nurul Hidayati
Editor : Salwa Az Zahra (Airlangga Nursing Journalist)

Pin It
Hits 49

Berita Terbaru