INFORMASI TEST ELPT (KLIK DISINI)

Latihan Desain dengan FIGMA Bersama Majelis Desain untuk Pemula (MEDULA) 2024

  • By Salwa Az Zahra
  • In Ners News
  • Posted 17 October 2024

NERS NEWS - Skill desain merupakan salah satu keahlian yang cukup penting untuk dimiliki siapapun, terutama mahasiswa keperawatan. Salah satu urgensi mempelajari desain bagi mahasiswa keperawatan terletak pada aspek edukasi dan promosi kesehatan dimana desain visual yang efektif dalam infografis, diagram, atau brosur edukasi dapat membantu perawat menyampaikan informasi yang kompleks dengan cara yang mudah dipahami oleh pasien. Sie Kerohanian Islam Ners (SKINers) Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga, khususnya pada Departemen Media dan Humas hadir untuk mewujudkan hal tersebut melalui salah satu program kerja, yakni MEDULA.

Majelis Desain Untuk Pemula (MEDULA) merupakan salah satu program kerja dari Departemen Media dan Humas Sie Kerohanian Islam Ners (SKINers) Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga yang diadakan satu kali selama satu tahun yang mencakup tiga kali pertemuan pelatihan skill desain. Adanya program kerja berupa Majelis Desain Untuk Pemula (MEDULA) dapat menjadi wadah bagi mahasiswa untuk menambah dan melatih skill desain menggunakan salah satu platform, yakni FIGMA. FIGMA sendiri merupakan salah satu platform desain berbasis cloud yang digunakan untuk mendesain, membuat prototype, dan berkolaborasi dalam pembuatan desain. Pada Majelis Desain Untuk Pemula (MEDULA) kali ini yang bertema “Innovative Design Solutions with FIGMA”, Tessa Audy Janiar sebagai salah satu Keluarga Mahasiswa (KM) Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga Angkatan 2021 bersedia menjadi pemateri.

Acara Majelis Desain Untuk Pemula (MEDULA) bersama Tessa Audy Janiar yang dilaksanakan sebanyak tiga kali pertemuan pada 25 September, 02 Oktober, dan 09 Oktober 2024 di Ruang Florence Nightingale Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga sukses diikuti oleh beberapa peserta yang mayoritasnya adalah bagian dari Keluarga Mahasiswa (KM) Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga. Adanya pelatihan desain melalui acara Majelis Desain Untuk Pemula (MEDULA) sebagai salah satu kajian keilmuan dapat serta merta menjadi sarana dalam memperluas relasi, menambah skill yang potensial untuk masa depan, serta ajang belajar hal-hal baru.

Majelis Desain Untuk Pemula (MEDULA) 2024 juga menyimpan hal yang menarik dimana ketika peserta yang awalnya belum mengerti sama sekali tentang desain, bisa menghasilkan karya yang kreatif di akhir sesi. Antusiasme dan keinginan belajar mereka sangat luar biasa, dan ini menciptakan energi positif sepanjang acara.

“Figma kurasa cukup studentable jika dibandingkan dengan canva ataupun illustrator dan cocok banget buat desain branding organisasi kayak feeds organisasi atau HIMA, lomba infografis, poster, PPT, dan lain sebagainya”, Ucap Tessa Audy Janiar saat memberikan materi dalam Acara Majelis Desain Untuk Pemula (MEDULA) 2024 Rabu lalu. Hakikatnya, ilmu desain sangat berkaitan dengan berbagai rumpun ilmu, termasuk dalam bidang keperawatan. Skill desain yang cukup untuk dimiliki dapat menjadi salah satu bekal kompetensi dalam berbagai hal yang akan dihadapi di masa depan.

 

Penulis : Isna Zaidatul Husna
Editor : Salwa Az Zahra (Airlangga Nursing Journalist)

Pin It
Hits 40

Berita Terbaru