INFORMASI TEST ELPT (KLIK DISINI)

Senam Ringan pada Pasien Saat Menjalani Hemodialisis Reguler di Ruang Hemodialisa Lantai 6 Rumah Sakit Universitas Airlangga

  • By Nasya Puspita Anggraeni
  • In Ners News
  • Posted 18 October 2024

NERS NEWS - Mahasiswa Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga melaksanakan kegiatan pendidikan kesehatan di Ruang Hemodialisis lantai 6 Rumah Sakit Universitas Airlangga dengan topik Senam Ringan pada Pasien saat Menjalani Hemodialisis Reguler· Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang lebih baik kepada pasien dan keluarga mengenai manfaat, indikasi, kontraindikasi, tahapan, dan serta hal-hal yang diperhatikan saat latihan fisik pada pasien cuci darah.

Dalam edukasi ini, mahasiswa menjelaskan pentingnya latihan fisik ringan, khususnya senam yang dapat dilakukan oleh pasien selama menjalani hemodialisis. Manfaat edukasi latihan fisik pada pasien cuci darah meliputi peningkatan kebugaran fisik, pengurangan kelelahan, serta perbaikan kualitas hidup. Latihan teratur dapat membantu mengurangi komplikasi kardiovaskular dan meningkatkan kekuatan otot, yang sangat penting bagi pasien dengan kondisi ginjal.

Edukasi ini juga disertai diskusi interaktif, dimana pasien diajak bertanya langsung tentang pengalamannya yang mereka rasakan terkait setelah melakukan cuci darah, dan bertanya yang dirasakan setelah mengikuti senam ringan. Kegiatan pendidikan kesehatan ini merupakan bagian dari komitmen mahasiswa Fakultas Keperawatan untuk berperan aktif dalam memberikan dampak positif bagi masyarakat melalui ilmu yang telah mereka pelajari di bangku kuliah.

 

Editor : Nasya Puspita A (Airlangga Nursing Journalist)

Pin It
Hits 38

Berita Terbaru