INFORMASI TEST ELPT (KLIK DISINI)

Edukasi Diet pada Pasien Diabetus Melitus oleh Mahasiswa Profesi Ners Fakultas Keperawatan di Ruang Poli Geriatri RSUA Surabaya

  • By Alina Ramadani
  • In Ners News
  • Posted 27 September 2022

NERS NEWS - PKRS ini merupakan salah satu kegiatan dari serangkaian kegiatan yang dilakukan oleh Mahasiswa Profesi Ners untuk memenuhi kompetensi sebagai Ners. Topik yang diangkat dalam PKRS kali ini yaitu mengenai "Diet Pasien Diabetus Melitus", dimana penyakit ini sering dijumpai pada pasien di rumah sakit, baik itu penyakit utama atau faktor pendorong penyakit lain. Masih banyak pasien maupun keluarga yang masih kurang peduli dan kurangnya informasi tentang diet DM, sehingga dinilai menarik untuk diangkat.

Tujuan kelompok mengangkat topik mengenai "Diet Pasien Diabetus Melitus", karena banyaknya pasien dan wali/keluarga pasien yang kurang memperhatikan makanan untuk pasien DM. Diabetes melitus merupakan penyakit yang bisa berasal dari gaya hidup yaitu pola makan. Makanan yang baik adalah makanan yang terpenuhi nilai gizinya dan dapat membuat tubuh menjadi sehat. Pada pasien DM, terdapat diet khusus yaitu terkait jumlah, jenis, dan jadwal makan. Ada beberapa makanan yang harus dihindari yaitu makanan banyak mengandung gula, lemak dan natrium.

Acara PKRS ini terdiri dari penyampaian materi terkait "Diet Pasien DM" yang disingkat 3J yaitu jumlah, jenis, dan jadwal makan. Selain itu, kami juga memberikan penyuluhan terkait makanan apa saja yang harus dihindari oleh pasien DM serta cara mencegah komplikasi pada pasien DM.

Pencegahan komplikasi DM dapat dilakukan dengan minum obat secara teratur sesuai anjuran dokter dan tenaga kesehatan, mengontrol kadar gula dalam darah secara rutin dan memperbanyak konsumsi sayur dan buah serta mengurangi lemak, gula, dan makanan asin.

Selama acara berlangsung, pasien dan keluarga terlihat sangat antusias. Pada sesi diskusi juga terdapat beberapa pertanyaan yang diajukan terkait topik terutama pada aspek cara mengontrol gula darah secara rutin. Sukma, S.Kep.,Ns selaku perawat di Poli Geriatri memantau dalam pelaksanaan PKRS yang dilaksanakan oleh kelompok 1 stase Keperawatan Medikal Bedah.

Pendidikan Kesehatan Rumah Sakit ini diakhiri dengan sesi tanya jawab dan diskusi serta evaluasi singkat terkait materi yang telah disampaikan. Secara keseluruhan acara terlaksana dengan baik dan sasaran dapat memahami terkait informasi yang telah diberikan.

"Semoga dengan diadakannya penyuluhan ini, pasien dan keluarga pasien di Ruang Poli Geriatri dapat mengetahui, memahami, dan mampu melakukan diet DM dengan tepat. Selain itu, kami juga berharap para anggota keluarga dapat sehat dan menerapkan dengan baik agar terhindar komplikasi DM”. Harapan dan penutup disampaikan oleh Ema Tri Restanti dan Gentri Zulfika selaku pemateri di setiap ruangan pada 09/09/2022.

Penulis: Ema Tri Restanti

Editor : Risky Nur Marcelina (Airlangga Nursing Journalist)

Pin It
Hits 1059

Berita Terbaru