INFORMASI TEST ELPT (KLIK DISINI)

SKINers FKp Unair Adakan Doa Bersama dan Kajian SMT(Spiritual Motivation Training)

  • By Salwa Az Zahra
  • In Ners News
  • Posted 14 November 2023

NERS NEWS - SKINers Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga mengadakan Doa Bersama sekaligus Kajian yaitu SMT (Spiritual Motivation Training) pada Jumat, (13/10/2023). SMT merupakan sebuah kegiatan yang diadakan ketika para mahasiswa akan menghadapi Ujian (UAS maupun UTS).

Tujuan dari kajian dan doa bersama ini adalah untuk memberikan motivasi agar mahasiswa Unair khususnya FKp dibekali oleh motivasi-motivasi kebaikan sebelum UAS, sehingga nantinya mahasiswa lebih mempersiapkan belajarnya seperti, membaca ulang materi, memahami materi, dan lain-lain. Maka saat ujian berlangsung diharapkan mahasiswa dapat mengerjakan ujian tersebut dengan jujur dan baik serta doa bersama ini sebagai sarana terkabulnya doa-doa mahasiswa untuk diberi kelancaran dalam menghadapi ujian nantinya. Kegiatan kajian dan doa bersama juga bermanfaat agar mahasiswa saat mengerjakan ujian dapat mengerjakannya dengan hati yang tenang, jujur bahwa Allah Maha Melihat, dan percaya bahwa hasil akan berbanding lurus dengan usaha.

Dengan Tema “Meraih Ridho Allah" yang disampaikan oleh Ustadz Zaenal Arifin.,S.Pd.I pertama menyampaikan terkait pentingnya meluruskan niat untuk mengerjakan apapun. “Sesungguhnya setiap amalan tergantung pada niatnya. Setiap orang akan mendapatkan apa yang ia niatkan. Siapa yang hijrahnya karena Allah dan Rasul-Nya, maka hijrahnya untuk Allah dan Rasul-Nya. Siapa yang hijrahnya karena mencari dunia atau karena wanita yang dinikahinya, maka hijrahnya kepada yang ia tuju.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Berniat atas segala aktivitas harus jelas standarnya, yakni karena Allah SWT. Dan tentu saja jika niat karena manusia, maka bisa saja akan mendapatkan kecewa, sakit hati atau hal lain yang tidak diharapkan. Berbeda jika niat itu karena Allah, maka jika ada unsur yang membuat kecewa, sakit hati dan sebagainya, kita akan bisa mencerna ada apa di balik semua itu. Pastilah, Allah akan memberikan hikmah dan kebaikan bersamaan dengan apa yang kita rasakan. Jadi, kita harus pandai menelaah apa maksud dari semua yang terjadi dan membuat kecewa itu. Muhasabah dan bersabar dengan semua yang terjadi jika tidak sesuai dengan keinginan kita.

Beliau juga menyampaikan perihal meraih ridho Allah. Tidaklah sama kehidupan seseorang yang hidupnya berusaha mencari ridha Allah dengan mereka yang meniti jalan-jalan kemurkaan Allah. Orang yang mencari ridha Allah mereka akan menaati perintah-Nya dan menjauhi segala yang Dia larang. Ia akan menempuh jalan yang telah ditempuh oleh orang-orang yang baik sebelum mereka. Mereka sadar betul dalam gerak-geriknya sebagaimana orang yang yakin kalau Rab mereka Maha Melihat.

 

Penulis : Amelia syahfa
Editor : Salwa Az Zahra (Airlangga Nursing Journalist)

Pin It
Hits 302

Berita Terbaru