INFORMASI TEST ELPT (KLIK DISINI)

Mahasiswa Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga Memberikan Penyuluhan Tentang “ Pencegahan Dan Perlindungan Terhadap Penyebaran Infeksi” Sebagai Project Based Learning (PJBL) di Kamar Tunggu Ruang Operasi di RSUA

  • By Nasya Puspita Anggraeni
  • In Ners News
  • Posted 20 September 2024

NERS NEWS - Project Based Learning (PJBL) adalah salah satu metode pembelajaran yang melibatkan seluruh mahasiswa dan mahasiswi untuk melakukan kegiatan diluar kampus, yang diwakili oleh 10 orang. Ruang lingkup PJBL adalah kegiatan promotif, preventif di Rumah Sakit Universitas Airlangga. Pada kesempatan kali ini, angkatan B27 kelas Alih Jenis 1 melaksanakan kegiatan PJBL Keperawatan Keselamatan Kesehatan Kerja (K3K) dengan judul “Penyuluhan Pencegahan dan Perlindungan Terhadap Penyebaran Infeksi” pada tanggal 17 September 2024 yang bertempat di Kamar Tunggu Ruang Operasi.

Acara diawali dengan sambutan dari Kepala Ruangan Operasi RS Universitas Airlangga dan dilanjut dengan sambutan dari ketua panitia PJBL AJ1 B27. Peserta yang hadir pada saat kegiatan PJBL berjumlah 34 orang dari keluarga pasien. Kemudian kelompok memberi materi yang membahas tentang pemakaian masker dan cara mencuci tangan dilanjutkan dengan demonstrasi cara pemakaian masker dan cara mencuci tangan. Media yang digunakan berupa poster sebagai media yang memberikan informasi visual tentang cara pemakaian masker dan mencuci tangan kemudian acara dilakukan dengan sesi tanya jawab.

Dalam sesi tanya jawab terdapat pertanyaan “Berapa lama pemakaian masker?’’ dari audiens. “Pemakaian masker maksimal digunakan selama 4 jam namun apabila terkena droplet/percikan cairan atau lendir tidak perlu menunggu 4 jam masker harus segera diganti” Jawab dari tim penyuluh.

Setelah itu tim penyuluh memberikan pertanyaan kepada peserta sebagai bentuk feedback dari kegiatan edukasi dan demonstrasi untuk menjadi tolak ukur materi yang disampaikan dapat disimak dengan baik, pertanyan berupa “Ada berapa Langkah cuci tangan?” dijawab oleh Ibu Salimah bahwa mencuci tangan yang baik terdiri dari 6 langkah cuci tangan dan didemonstrasikan dengan benar. Bagi para peserta yang aktif selama kegiatan diberikan reward sebagai apresiasi. Peserta terlihat sangat ceria ketika ada beberapa mahasiswa melakukan gerakan cuci tangan.

Setelah dilaksanakan PJBL ini diharapkan peserta dapat menerapkan cara mencuci tangan dan penggunaan masker yang baik dan benar guna mencegah dan perlindungan terhadap penyebaran infeksi baik diri sendiri maupun anggota keluarga lainnya.

 

Penulis : Vena Melisa Akasir, dkk
Editor : Nasya Puspita Anggraeni (Airlangga Nursing Journalist)

Pin It
Hits 7

Berita Terbaru