INFORMASI TEST ELPT (KLIK DISINI)

Aksi Peduli Sampah untuk Mengurangi Penyebaran Infeksi di Lingkungan Rumah Sakit

  • By Alina Ramadani
  • In Ners News
  • Posted 17 September 2024

NERS NEWS – Pada 5 September 2024, Mahasiswa Pendidikan Profesi Ners Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga Angkatan 2020 Kelompok 1.3 Praktik Rumah Sakit Dr. Soetomo menyelenggarakan pengabdian masyarakat, sebagai implementasi materi dari praktik profesi ners yaitu edukasi kesehatan. Kegiatan ini diadakan di Ruang Bedah Dahlia Rumah Sakit Dr. Soetomo Surabaya. Perhatian pada pengabdian masyarakat ini berfokus pada permasalahan pemilahan sampah bagi pasien dan keluarga.

Limbah rumah sakit adalah semua limbah yang dihasilkan dari kegiatan rumah sakit dalam bentuk padat, cair, dan gas. Pemilahan sampah merupakan suatu proses kegiatan mengelola sampah dimulai dari sumbernya dimulai dari pewadahan, pengumpulan, pengangkutan, pengolahan hingga pembuangan.

Pengelolaan ini diatur keputusan Menteri Kesehatan RI Nomor 1204/Menkes/SK/X/2004 tentang Persyaratan Kesehatan Lingkungan Rumah Sakit. Berikut jenis sampah dan tempat pembuangannya yang benar:

  1. Limbah non-medis : memiliki kresek hitam bertuliskan limbah non-medis untuk membuang sampah sisa makanan, sampah tisu kering.
  2. Limbah infeksius : memiliki kresek atau plastik berwarna kuning untuk membuang underpad, darah, nanah, air seni, tisu bersin, dahak atau cairan tubuh yang infeksius.
  3. Limbah radioaktif : limbah bahan radioaktif, seperti nuklir, dll.
  4. Limbah sitotoksik : limbah bahan sitotoksik, seperti obat kemoterapi.
  5. Limbah kimia/farmasi : limbah bahan-bahan obat, seperti cairan infus, obat.

Manfaat pemilahan dan tata cara pembuangan sampah (limbah) ini bertujuan untuk mengurangi penyebaran infeksi, memudahkan pihak rumah sakit dalam pengelolaan sampah (sterilisasi, insinerator, 3R, penguburan), mengurangi sarang bakteri, mengurangi bau tak sedap, menghindarkan petugas kebersihan dari terpapar bahan berbahaya.

Penerapan kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa berupa aktivitas penyuluhan materi dan tanya jawab. Harapan dari hasil akhir kegiatan ini adalah tentunya kegiatan ini dapat memberikan informasi pada pasien dan keluarga tata cara dan manfaat memilah sampah sesuai tempatnya agar terciptanya ruangan yang kondusif.

 

Penulis : Nurul Hidayahtus Solikah
Editor : Alina Ramadani (Airlangga Nursing Journalist)

Pin It
Hits 27