INFORMASI TEST ELPT (KLIK DISINI)

Edukasi Senam Kaki Diabetes Melitus di Poli Bedah Rumah Sakit Universitas Airlangga

  • By Alina Ramadani
  • In Ners News
  • Posted 14 September 2024

NERS NEWS – Mahasiswa program pendidikan profesi ners reguler angkatan 2020 kelompok 5 Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga sukses melaksanakan kegiatan penyuluhan yang bertempat di Poli Bedah A Rumah Sakit Universitas Airlangga pada Kamis, 5 September 2024 yang memiliki tema Senam Kaki Diabetes Melitus.

Kegiatan PKRS ini merupakan suatu kegiatan penyuluhan. Dimana mahasiswa menyampaikan edukasi kepada keluarga pasien dan pasien tentang mencegah terjadinya luka kaki diabetes dengan cara senam kaki diabetes. Melalui edukasi ini diharapkan setiap audiens yang mendengar dapat mendapatkan informasi mengenai diabetes melitus sehingga dapat menurunkan terjadinya luka kaki diabetes melitus dalam keluarga. Setelah diberikan penyuluhan kesehatan tentang Senam Kaki Diabetes diharapkan keluarga pasien dapat memahami materi dan mampu mempraktikkannya di rumah.

Senam Kaki Diabetes merupakan kegiatan melatih otot-otot kecil pada kaki, meningkatkan otot sendi bagian betis dan paha, memperbaiki sirkulasi darah, meningkatkan pergerakan sendi, dan mencegah kelainan bentuk kaki. Penderita diabetes melitus terutama yang sudah ulkus diabetikum atau sudah mengalami luka yang tidak kunjung sembuh pada kaki tetap harus mengatur pola makan seperti menjaga kadar gula darah harian, mengurangi mengonsumsi makanan berminyak, tidak merokok, dan tidak minum alkohol.

Selama sesi berlangsung, para peserta diberikan pemahaman mendalam mengenai pentingnya pemeriksaan kesehatan secara rutin sebagai langkah awal pencegahan ulkus diabetikum pada kaki. Selain itu, mereka juga diajarkan tentang bahaya merokok, pentingnya aktivitas fisik, serta bagaimana menerapkan pola makan yang seimbang untuk menjaga kadar gula darah tetap stabil.

Dengan diadakannya PKRS ini, RSUA berharap keluarga pasien dapat lebih waspada dan proaktif dalam mencegah luka kaki diabetes melitus (ulkus diabetikum foot), tidak hanya untuk diri mereka sendiri, tetapi juga untuk orang-orang terdekat. Program ini merupakan bagian dari upaya berkelanjutan RSUA dalam memberikan edukasi kesehatan kepada masyarakat guna meningkatkan kualitas hidup dan mencegah penyakit lainnya, salah satu contohnya diabetes mellitus.

 

Penulis : Mahasiswa Pendidikan Ners Universitas Airlangga Kelompok 5, A2020
Editor : Alina Ramadani (Airlangga Nursing Journalist)

Pin It
Hits 46