INFORMASI TEST ELPT (KLIK DISINI)

Cegah dan Kontrol Hipertensi dengan “CERDIK”

  • By Salwa Az Zahra
  • In Ners News
  • Posted 15 September 2024

NERS NEWS - Hipertensi masih menjadi salah satu penyebab kematian terbanyak di dunia. Hipertensi merupakan suatu kondisi di mana tekanan darah melebihi normal, yaitu >110-120 untuk tekanan sistol dan >60-80 untuk tekanan diastol. Tanda dan gejala hipertensi yang sering dirasakan oleh penderitanya adalah pusing serta sakit kepala. Penyakit ini disebut juga silent killer karena seringkali hipertensi tidak bergejala namun dapat mengakibatkan sejumlah komplikasi jika tidak segera ditangani. Hipertensi tidak dapat sembuh, namun sangat bisa untuk dikontrol. Oleh karena itu, penting bagi masyarakat untuk mengetahui bagaimana cara mencegah dan mengontrol hipertensi agar tidak terjadi komplikasi lebih lanjut.

Kelompok 11 stase KMB Profesi Ners A20 berkesempatan memberikan edukasi kesehatan terkait pengontrolan hipertensi dengan CERDIK. CERDIK merupakan jargon yang digaungkan oleh P2PTM Kemenkes Indonesia untuk mencegah sekaligus mengontrol hipertensi. Jargon tersebut memiliki kepanjangan sebagai berikut :

C – Cek kesehatan secara rutin

E – Enyahkan asap rokok

R – Rajin aktivitas fisik

D – Diet seimbang

I – Istirahat cukup

K – Kelola stress dengan baik

Pemberian edukasi kesehatan tersebut dilaksanakan pada Kamis, 5 September 2024 jam 11.00 WIB di ruang mahasiswa IRNA 5A Rumah Sakit Khusus Infeksi (RSKI) Universitas Airlangga. Edukasi kesehatan menggunakan media leaflet yang dibagikan kepada para peserta dan presentasi PPT untuk penjelasan lebih lanjut. Edukasi kesehatan ini dihadiri oleh 10 keluarga pasien IRNA 5A RSUA. Keluarga pasien tampak antusias mendengarkan, bertanya, dan berbagi pengalamannya terkait hipertensi dan langkah yang telah diambil untuk mengontrol hipertensi. Keluarga pasien juga dapat menyebutkan kepanjangan dari CERDIK dengan tepat.

 

Editor : Salwa Az Zahra (Airlangga Nursing Journalist)

Pin It
Hits 41