INFORMASI TEST ELPT (KLIK DISINI)

Belajar Tips Menulis Esai dan Karya Tulis Ilmiah dalam Kegiatan Laskar Al-Qur'an

  • By Salwa Az Zahra
  • In Ners News
  • Posted 14 November 2023

NERS NEWS - Esai dan Karya Tulis Ilmiah tentunya sudah tidak terdengar asing lagi bagi mahasiswa. Esai merupakan sebuah jenis tulisan yang menjelaskan pendapat penulis mengenai suatu topik serta menjadi salah satu suatu upaya dalam mengkomunikasikan informasi, opini, atau perasaan dan biasanya menyajikan argumen pada suatu topik. Sedangkan karya tulis ilmiah sendiri merupakan adalah sebuah tulisan yang disusun oleh perorangan atau kelompok yang membahas suatu pokok bahasan dengan menuangkan gagasan-gagasan tertentu melalui identifikasi, deskripsi, dan analisis terhadap permasalahan beserta solusinya sesuai dengan kaidah kepenulisan. Baik essai maupun karya tulis ilmiah, keduanya merupakan beberapa hal yang akan sering dijumpai oleh mahasiswa di dunia perkuliahan.

Acara Laskar Al-Qur’an merupakan kegiatan pelatihan karya tulis oleh Departemen Keilmuan Sie Kerohanian Islam Ners (SKINers) Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga setiap tahunnya. Pada tahun ini, acara Laskar Al-Qur’an mengangkat tema “Tips & Trik Menulis Esai dan LKTI” pada hari Senin, 23 Oktober 2023 Pukul 15.00 WIB di Ruang Kuliah Jean Watson I Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga. Pada tahun ini, Laskar Al-Qur’an membawa Rafaleony Berlian Putri Widodo sebagai pemateri yang merupakan salah satu KM (Keluarga Mahasiswa) Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga angkatan 2020 dengan beberapa pengalaman luar biasa dalam bidang esai maupun karya tulis ilmiah.

Acara dimulai dengan pembukaan oleh MC, pembacaan tilawah, sambutan ketua panitia, serta penyampaian materi selama kurang lebih 60 menit. Setelah penyampaian materi selesai, dilanjutkan sesi tanya jawab oleh peserta kepada pemateri. Para peserta aktif memberikan pertanyaan kepada pemateri dan pemateri menjawab dengan sepenuh hati semua pertanyaan peserta.

Sesi selanjutnya yaitu ice breaking untuk para peserta dengan menebak gambar apa yang ada di layar monitor. Para peserta mengikuti sesi ini dengan penuh antusias. Sesi selanjutnya yaitu sesi pemberian plakat kepada pemateri, dokumentasi bersama, pengumuman reward peserta, serta penutupan acara.

Acara berlangsung dengan lancar dan sesuai dengan rundown. Dengan mengikuti kegiatan Laskar Al-Qur’an, para peserta bisa mendapatkan informasi mengenai penulisan esai dan karya tulis ilmiah dan beberapa tips dan trik dalam menulis esai dan karya tulis ilmiah. Harapannya dapat bermanfaat bagi peserta dan mampu mengaplikasikan di dunia perkuliahan sehingga bisa menambah prestasi mahasiswa.

 

Penulis : Avina Nur’aini dan Isna Zaidatul Husna
Editor : Salwa Az Zahra (Airlangga Nursing Journalist)

Pin It
Hits 284

Berita Terbaru