INFORMASI TEST ELPT (KLIK DISINI)

Legislative Course Bertemakan Strengthening Campus Democracy: Empowering Student Voters and Leaders untuk Menumbuhkan Jiwa Pemilih dan Pemimpin pada Diri MABA FKp Unair 2023

  • By Salwa Az Zahra
  • In Ners News
  • Posted 14 November 2023

NERS NEWS - Legislative Course merupakan program kerja dari Komisi 3 BLM FKp Unair berupa media pembelajaran legislatif di lingkungan kampus Universitas Airlangga. Pelaksanaan LC pada tahun ini memiliki tema, yaitu “Strengthening Campus Democracy: Empowering Student Voters and Leaders" (Menguatkan Demokrasi Kampus: Memberdayakan Pemilih dan Pemimpin Mahasiswa). Acara ini dikemas dengan bentuk seminar yang mendiskusikan tentang pentingnya partisipasi mahasiswa dalam pemilihan legislatif serta penguatan jiwa kepemimpinan pada diri mahasiswa untuk menciptakan iklim demokrasi yang sehat di kampus. Legislative Course telah berhasil dilaksanakan pada hari Sabtu, 14 Oktober 2023 yang berlokasi di Auditorium Candradimuka GKB Universitas Airlangga Kampus C.

Berdasarkan pemira fakultas yang terjadi beberapa tahun ini, masih terlihat minimnya partisipasi mahasiswa yang terlibat dalam memberikan suara maupun mengajukan diri menjadi pemimpin. Oleh karena itu, Legislative Course 2023 akan menyelenggarakan seminar dengan pembahasan tentang pentingnya partisipasi dalam setiap pemilihan umum sekaligus membahas hal-hal yang dapat membantu untuk menumbuhkan serta menguatkan jiwa kepemimpinan pada diri mahasiswa.

Acara ini dimulai pada pukul 07.00 hingga 11.20 WIB dengan pembukaan oleh MC Fadlyn Attina dan Atsir Alma. Legislative Course tahun 2023 ini memiliki jargon yang berbunyi "The Future is Yours" dengan harapan para peserta dapat mewujudkan masa depan terbaik versi mereka. Bertepatan dengan tema tahun ini, Legislative Course mengundang Aulia Thaariq Akbar yang merupakan Presiden BEM FISIP Unair sebagai pembicara serta pemateri.

Pemberian materi yang dipandu oleh moderator Siti Nailatur disambut antusias oleh para peserta LC 2023 yang dibuktikan dengan keaktifan dan ketertarikan mereka pada materi. Kak Atha sebagai pemateri membuka sesi materi ini dengan mengajak para peserta untuk berdiskusi tipe pemimpin yang mereka pilih. Acara dilanjutkan dengan membuka sesi pertanyaan. Para peserta dengan antusias menyampaikan pertanyaannya.

Harapannya setelah mengikuti LC, mahasiswa baru dapat secara aktif memberikan suaranya baik dalam hal demokrasi maupun aspirasi. Selain itu dari kegiatan ini diharapkan dapat terbentuknya jiwa kepemimpinan dan berpikir kritis dalam diri mahasiswa baru yang kelak hal tersebut akan dapat memberikan manfaat untuk dirinya sendiri dan pada lingkungan di sekitarnya. Kegiatan ini diharapkan bisa membantu untuk mewujudkan pribadi mahasiswa yang kritis dan berani menyuarakan pendapatnya.

 

Penulis: Salsabilla Widyaningtyas
Editor : Salwa Az Zahra (Airlangga Nursing Journalist)

Pin It
Hits 350

Berita Terbaru