INFORMASI TEST ELPT (KLIK DISINI)

DETEKSI DINI GANGGUAN JIWA DI RUMAH SAKIT JIWA MENUR SURABAYA

  • By Alina Ramadani
  • In Ners News
  • Posted 15 November 2023

NERS NEW-Pengetahuan masyarakat mengenai gangguan jiwa merupakan hal yang penting dalam memberikan pelayanan kesehatan jiwa di masyarakat, terutama dalam upaya pencegahan, penanggulanganan, serta dalam proses perawatan pasien gangguan jiwa. Pengetahuan juga menjadi dasar seseorang untuk melakukan tindakan mengenai permasalahan gangguan jiwa di masyarakat. Pemberian pendidikan kesehatan mengenai deteksi dini gangguan jiwa pada masyarakat diharapkan dapat menjadi manfaat positif sehingga masyarakat mampu melakukan tindakan dasar yang sederhana seperti deteksi dini kasus gangguan jiwa, menggerakkan keluarga yang sehat, keluarga risiko, dan keluarga sakit untuk terlibat dalam penyuluhan kesehatan jiwa dengan mengikuti rehabilitasi dan terapi aktivitas kelompok serta melakukan kunjungan rumah untuk pasien yang sudah mandiri.

Upaya dalam mengatasi masalah tersebut mahasiswa Program Studi Pendidikan Profesi Ners Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga melakukan penyuluhuhan terhadap pengunjung Poli Jiwa di Rumah Sakit Jiwa Menur Surabaya terkait “Deteksi Dini Gangguan Jiwa”. Tujuan dari penyuluhan ini yaitu masyarakat mampu mengetahui, memahami, dan mengimplementasikan cara mendeteksi dini gangguan jiwa dan meningkatkan pengetahuan serta mencegah terjadinya masalah kejiwaan pada lingkungan sekitar.

Acara penyuluhan dilaksanakan pada hari Selasa, 8 November 2023 pukul 07.00 di Ruang tunggu Poli Jiwa RSJ Menur Surabaya yang dihadiri oleh 20 orang peserta. Kegiatan ini dilakukan oleh Mahasiswa Praktik Profesi Ners Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga yang dihadiri oleh Bapak Abdul Rakhman, selaku pembimbing mahasiswa. Acara penyuluhan dimulai sesuai dengan waktu yang telah direncanakan. Peserta antusias mengikuti penyuluhan yang dilaksanakan. Dalam rangkaian acara terdapat sesi tanya jawab antara peserta dan mahasiswa yang menjadikan suasana penyuluhan lebih hidup dan tidak membosankan. Setelah diberikan penyuluhan para peserta menjelaskan kembali apa yang telah disampaikan pemateri, sehingga materi dalam penyuluhan kali ini dapat disimpulkan sudah tersampaikan dengan baik dan dapat dipahami oleh peserta.

Penulis : Dara Astuti Trinanda
Editor : Salwa Az Zahra (Airlangga Nursing Journalist)

Pin It
Hits 367

Berita Terbaru