INFORMASI TEST ELPT (KLIK DISINI)

Mengenal Toilet Training pada Anak di Ruang Seruni RSUD dr. M. Soewandhie

  • By USI_FKp
  • In Ners News
  • Posted 16 November 2023

NERS NEWS - Kegiatan penyuluhan atau edukasi di rumah sakit dengan tema toilet training yang ditujukan untuk pasien dan keluarga di ruang rawat inap Seruni RSUD dr. M. Soewandhie sebagai salah satu penugasan kegiatan Profesi Ners Stase Keperawatan Anak pada hari Sabtu 4 November 2023 pukul 07.09 - 07.31 WIB


Kegiatan penyuluhan ini diselenggarakan oleh mahasiswa Program Studi Pendidikan Profesi Ners (P3N) Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga difasilitatori oleh pembimbing akademik dan pembimbing klinik. Pembimbing akademik yaitu Ibu Praba Diyan Rachmawati.,S.Kep.,Ns.,M.Kep dan Ns. Maya Cristia, S.Kep. selaku pembimbing klinik dengan total perserta yang hadir adalah sebanyak 14 orang dengan jumlah total anggota kelompok yaitu 5 orang.
Kegiatan PKRS dimulai pada pukul 07.00 WIB dimana anggota kelompok mempersiapkan peralatan yang akan digunakan untuk kegiatan Proyektor, LCD, leaflet, brosur, serta kursi telah disiapkan oleh kelompok sehingga mempermudahkan mobilisasi keluarga pasien yang hadir. Sebelum acara dimulai, keluarga dipersilahkan untuk mengisi daftar hadir kemudian diberikan leaflet mengenai toilet training yang kemudian anggota kelompok membantu menjelasakan secara ringkas.


Acara PKRS dibuka oleh moderator kelompok yaitu Ida Sholihatun Nisa', selanjutnya diikuti dengan sesi materi yang dipaparkan oleh Iqbal Maulana Salsabila dan Azizah Salfa Dilla hingga sesi tanya jawab. Anggota kelompok yang lain yaitu Ida Norma Widiyanti berperan sebagai observer dan membantu menjelaskan isi materi kepada keluarga pasien. Kemudian kegiatan dokumentasi dilakukan oleh Putri Puji Rahayu.


“Keluarga pasien memahami materi mengenai toilet training dibuktikan para peserta aktif bertanya dan partisipan mampu menjawab review materi yang di tanyakan oleh moderator”, ujar Ida selaku moderator acara. Acara telah selesai pada pukul 07.31 WIB dengan hasil evaluasi bahwa keluarga pasien telah memahami materi yang telah dipaparkan. Kegiatan evaluasi ini dilakukan dengan memberikan pertanyaan ulang kepada keluarga pasien tentang pengertian toilet training, apa saja kesiapan dalam toilet training yang kemudian keluarga menjawab dengan benar.

Edukasi yang diberikan adalah:

  • Penjelasan tentang toilet training
  • Menjelaskan manfaat toilet training
  • Menjelaskan macam-macam kesiapan dalam toilet training
  • Menjelaskan cara melakukan toilet training berdasarkan usia.

Survey yang ada di Indonesia menunjukkan bahwa setengah juta anak masih suka mengompol. Terdapat sekitar 20% anak usia balita tidak melakukan toilet training dan 75% orang tua tidak menganggap kondisi seperti itu sebagai masalah. Hubungan kedekatan antara orang tua dengan anak dalam toilet training akan membuat anak merasa aman dan percaya diri. Faktor kesiapan orang tua memegang peranan penting untuk melatih anak dan membutuhkan proses yang bertahap dan waktu yang lama. Dengan memahami materi toilet training maka dapat meningkatkan pemahaman orang tua sehingga orang tua akan lebih siap dalam mengajari anaknya untuk toilet training.

Penulis : Ida Sholihatun Nisa'

Pin It
Hits 378

Berita Terbaru