INFORMASI TEST ELPT (KLIK DISINI)

KESEHATAN NUTRISI PADA PASIEN KEMOTERAPI RSUD dr. M. SOEWANDHIE SURABAYA

  • By USI_FKp
  • In Ners News
  • Posted 16 November 2023

NERS NEWS - Penyakit kanker adalah penyakit yang timbul akibat pertumbuhan tidak normal sel jaringan tubuh yang berubah menjadi sel kanker (Kemenkes RI, 2012). Kanker adalah pembelahan dan pertumbuhan sel secara abnormal yang tidak terkontrol sehingga cepat menyebar. Sel – sel ini merusak jaringan tubuh sehingga mengganggu fungsi organ tubuh yang terkena (Almatsier, 2010).
Secara nasional, prevalensi penyakit kanker penduduk Indonesia sebesar 1,4% atau diperkirakan sekiat 347.792 orang (Riskesdas, 2013). Lebih dari 30% dari kematian akibat kanker disebabkan oleh lima faktor risiko perilaku dan pola makan, yaitu: (1) Indeks massa tubuh tinggi, (2) Kurang konsumsi buah dan sayur, (3) Kurang aktivitas fisik, (4) Penggunaan rokok, dan (5) Konsumsi alkohol berlebihan.
Cara kerja kemoterapi yang melenyapkan sel kanker dan juga sel baik akan memberikan efek samping pada penderita seperti penurunan nafsu makan, mual muntah, diare sembelit dan lain sebagainya. Nutrisi merupakan bagian yang penting pada penatalaksanaan penderita kanker yang sedang menjalani terapi kemoterapi. Tujuan terapi nutrisi pada penderita kanker adalah untuk mencegah defisiensi nutrien, mempertahankan lean body mass, meminimalkan efek samping terapi terhadap status nutrisi, dan memaksimalkan kualitas hidup.
Kecukupan nutrisi pada kanker diperlukan untuk mempertahankan keseimbangan energi dan protein, kadar vitamin mineral, serta elektrolit. Kecukupan nutrisi juga diperlukan pada semua stadium penyakit karena dapat mengontrol gejala yang berhubungan dengan terapi, menurunkan komplikasi pasca operasi, menurunkan tingkat operasi, dan memperpendek rawat inap (Hariani, R, 2007).
Upaya mengatasi masalah tersebut kelompok 5 Program Studi Pendidikan Profesi Ners Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga melakukan penyuluhan terhadap pasien kemoterapi di RSUD dr. M Soewandhie Surabaya terkait penyuluhan “KESEHATAN NUTRISI PADA PASIEN KEMOTERAPI” tujuan dari penyuluhan ini adalah setelah mengikuti proses penyuluhan, pasien dan keluarga memahami dan menjelaskan kembali tentang kemoterapi, efek samping kemoterapi terhadap pencernaan, penanganan efek samping kemoterapi terhadap pencernaan, asupan nutrisi bagi pasien kemoterapi
Acara penyuluhan dilaksanakan pada hari Selasa, 5 September 2023 pukul 11.00 WIB di ruang Camelia RSUD dr. M Soewandhie Surabaya yang dihadiri oleh 6 orang pasien. Kegiatan ini dilakukan oleh Mahasiswa Praktik Profesi Ners Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga yang dihadiri oleh pembimbing klinik ibu Winarti S.Kep., Ns. Acara penyuluhan dimulai sesuai waktu yang telah direncanakan. Para pasien sangat antusias dan pro aktif dalam mengikuti kegiatan. Ditengah kegiatan terdapat acara diskusi tanya jawab terhadap materi yang disajikan, kondisi sangat kondusif dan menarik karena semangat para peserta. Acara diakhiri dengan pemberian contoh salah satu makanan bernutrisi dan souvenir kepada para peserta (Reza Dwi Agustiningrum, A19)

Pin It
Hits 383

Berita Terbaru