INFORMASI TEST ELPT (KLIK DISINI)

Pendidikan Kesehatan “Peran Keluarga dalam Mendukung Pasien Mengatasi Kecemasan” di Poli Jiwa RS Jiwa Menur, Surabaya

  • By Salwa Az Zahra
  • In Ners News
  • Posted 17 November 2023

NERS NEWS - Kecemasan atau ansietas merupakan reaksi emosional terhadap penilaian individu yang subyektif dipengaruhi oleh alam bawah sadar dan tidak diketahui secara khusus penyebabnya (Putri, Sudayasa and Eddy, 2021). Tingkat Kecemasan sendiri terbagi menjadi 3, yaitu kecemasan ringan, sedang, dan berat. Gejala yang timbul beragam mulai dari gejala motorik, otonomik, rasa khawatir dan kewaspadaan yang berlebihan. Penyebab kecemasan bisa ditemukan pada banyak faktor, antara lain faktor lingkungan, emosi yang ditekan, dan sebab-sebab fisik yang lain.

Keluarga adalah orang yang sangat dekat dengan pasien dan dianggap paling banyak tahu kondisi pasien serta dianggap paling banyak memberi pengaruh pada pasien, sehingga peran keluarga sangat penting artinya dalam perawatan dan penyembuhan pasien (Pratiwi and Edmaningsih, 2020). Salah satu peran keluarga dalam mengatasi kecemasan yaitu yang pertama, selalu tenang dan tetap mendampingi pasien. Kedua, membawa pasien ke tempat yang lebih tenang. Ketiga, tanyakan kepada pasien apa yang ia butuhkan. Keempat, tanyakan apakah dia membawa obat khusus/pribadi untuk mengatasi kecemasannya. Kelima, cobalah untuk berbicara dengan kalimat pendek dan sederhana selama kecemasan berlangsung. Keenam, hindari atau jauhi kegiatan yang bersifat menyibukkan. Ketujuh, bantu pasien untuk mengatur nafasnya dengan teknik relaksasi segitiga pernafasan (Triangle Breathing). Dan yang terakhir terus berikan kalimat-kalimat positif kepada pasien

Pada Senin, 13 November 2023 pukul 07.30 WIB, mahasiswa profesi Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga memberikan penyuluhan mengenai “Peran Keluarga dalam Mendukung Pasien Mengatasi Kecemasan”, guna menambah pengetahuan pasien dan keluarga tentang bagaimana caranya keluarga mendukung pasien yang sedang mengalami kecemasan. Penyuluhan ini dihadiri oleh pasien dan keluarga yang berada di Poli Rumah Sakit Jiwa Menur Surabaya, mahasiswa profesi keperawatan kelompok 1 Ruang Kenari stase Keperawatan Jiwa, serta pembimbing klinik kelompok yaitu Yeni Nurhayati, S.Kep., Ns.

Dengan adanya penyuluhan ini, diharapkan keluarga pasien dapat mengetahui bahwa manfaat dari terapi keluarga yang diberikan kepada pasien yang mengalami kecemasan salah satunya dapat mempercepat penyembuhan, memperbaiki hubungan interpersonal, dan menurunkan angka kekambuhan. Respon keluarga mengenai penyuluhan yang diberikan sangat baik. Pasien dan keluarga antusias mengikuti kegiatan penyuluhan, terlihat beberapa pasien aktif dalam menjawab mengenai salah satu tanda gejala kecemasan. Selain itu, mahasiswa juga memberikan demonstrasi terkait cara cuci tangan 6 langkah dengan benar.

 

Penulis : Resva
Editor : Salwa Az Zahra (Airlangga Nursing Journalist)

Pin It
Hits 580

Berita Terbaru