INFORMASI TEST ELPT (KLIK DISINI)

Meningkatkan Keterampilan Dasar Bertahan Hidup dan Bivak Bersama GEN Corps pada Materi Diklatsar 2023

  • By Salwa Az Zahra
  • In Ners News
  • Posted 17 November 2023

NERS NEWS - Ormawa Gen Corps sukses menyelenggarakan Diklatsar (Pelatihan dan Latihan Dasar). Pada tahun ini, Gen Corps membuka pendaftaran untuk mahasiswa tahun 2023 Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga yang nantinya akan menjadi Gen XV.

Diklatsar sendiri merupakan kegiatan yang bertujuan untuk mengkader anggota baru di sebuah organisasi. Selama mengikuti Diklatsar tentu mahasiswa mengikuti salah satu tahapnya yaitu tahap intra. Pada tahap ini peserta diberikan beberapa latihan fisik dan pembekalan materi yang nantinya akan diaplikasikan pada tahap selanjutnya. Diantara materi yang diberikan adalah Survival dan Bivak yang dibawakan oleh Mbak Anjelpi selaku senior GEN 11. Kegiatan dilaksanakan pada hari Jumat, 3 November 2023 di Ruang Kuliah S.C. Roy Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga.

Dalam upaya meningkatkan keterampilan survival, peserta diberikan materi. Materi yang diajarkan tersebut mencakup keterampilan dasar bertahan hidup pada kondisi tidak menentu, penanganan serta pertolongan pertama hipotermia, gigitan ular, serta gigitan lintah, cara mendapatkan air, membangun perapian, signaling, dan identifikasi sumber makanan alami yang bisa dikonsumsi.

Bivak atau tempat berlindung sementara juga menjadi fokus utama dalam latihan survival. Bivak dibedakan menjadi dua yaitu alami dan buatan. Beberapa peserta diberikan materi dan juga aplikasi cara membuat bivak yang baik dan benar. Pelatihan berhasil dilakukan dengan membangun bivak buatan menggunakan bahan-bahan berupa jas hujan ponco, tali pramuka, tiang atau pohon, pasak, matras, dan garam. Kreativitas dalam membangun bivak menjadi kunci untuk mengatasi berbagai kondisi cuaca dan lingkungan.

Kinanthi Putri Mahanani selaku penanggung jawab Diklatsar 2023 dan perwakilan panitia berharap bahwa materi yang diberikan kepada peserta dapat menjadi bekal yang bermanfaat untuk kedepannya. Selain itu, dengan diselenggarakannya Diklatsar 2023 ini diharapkan dapat melahirkan anggota GEN Corps dan melanjutkan roda kepengurusan sesuai dengan Visi Misi dan Filosofi GEN Corps.

 

Penulis: Aura Nirmala Sari
Editor : Salwa Az Zahra (Airlangga Nursing Journalist)

Pin It
Hits 373

Berita Terbaru