INFORMASI TEST ELPT (KLIK DISINI)

Tepat Nutrisi Percepat Pulih Operasi, Mahasiswa Profesi FKp Unair Lakukan Pendidikan Kesehatan Manajemen Nutrisi Pasca Operasi Di Rumah Sakit Universitas Airlangga Surabaya

  • By Salwa Az Zahra
  • In Ners News
  • Posted 17 November 2023

NERS NEWS - Mahasiswa Program Studi Pendidikan Profesi Ners (P3N) Kelompok 1 Stase Keperawatan Medikal Bedah Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga Surabaya berhasil menyelenggarakan pendidikan kesehatan dengan topik “Manajemen Nutrisi Pasca Operasi”. Kegiatan ini dilaksanakan di Ruang IRNA 3 Rumah Sakit Universitas Airlangga (RSUA) Surabaya pada Jumat (22/09/2023) yang dihadiri oleh keluarga pendamping pasien sebanyak 13 orang, dosen pembimbing akademik yaitu Ibu Arina Qona’ah, S.Kep., Ns., M.Kep., dan anggota kelompok yang berjumlah 10 orang.

Kegiatan PKRS diawali dengan pembukaan dan kontrak waktu yang disampaikan oleh moderator, dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh Miftakhul Qorni Isna, S.Kep. selaku pemateri. Terdapat sesi diskusi setelah penyampaian materi dimana terdapat 2 pertanyaan yang diajukan oleh keluarga pasien.

PKRS merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa profesi ners untuk memenuhi kompetensi sebagai Ners yang tidak hanya memberikan asuhan keperawatan namun juga edukasi yang diperlukan. Topik yang diambil yaitu mengenai “Manajemen Nutrisi Pasca Operasi”. Diet pasca-bedah merupakan makanan yang diberikan kepada pasien yang telah menjalani pembedahan. Pengaturan makanan pasca pembedahan tergantung pada jenis pembedahan yang dilakukan pasien. Hal yang juga harus diperhatikan dalam pemberian diet pasca-operasi yaitu kondisi serta kemampuan pasien sehingga dapat mencapai hasil yang optimal.

“Manajemen nutrisi pasca operasi bertujuan untuk mengupayakan agar pemenuhan nutrisi pasien selama sakit terpenuhi dan status gizi pasien segera kembali normal untuk mempercepat proses penyembuhan serta meningkatkan daya tahan tubuh.” ujar Miftakhul Qorni Isna, S.Kep. selaku pemateri. Materi yang disampaikan berisikan beberapa poin penting seperti tujuan manajemen diet pasca operasi, jenis-jenis kandungan nutrisi yang dibutuhkan, dan rekomendasi diet yang mempercepat penyembuhan luka operasi.

Pendamping pasien tampak sangat antusias dalam mendengarkan dan mengikuti serangkaian kegiatan PKRS. Pendidikan kesehatan diakhiri dengan sesi diskusi serta evaluasi singkat mengenai materi yang telah disampaikan. Acara terselenggara dengan baik secara keseluruhan dan sasaran dapat memahami informasi yang telah diberikan.

“Semoga dengan adanya penyuluhan kesehatan ini, pasien dan pendamping pasien dapat memahami bagaimana cara memenuhi kebutuhan nutrisi pada pasien pasca operasi guna mempercepat proses penyembuhan”. Pungkas Azizah Salfa Dilla, S.Kep. menutup kegiatan penyuluhan.

 

Penulis: Norma Widiyanti
Editor : Salwa Az Zahra (Airlangga Nursing Journalist)

Pin It
Hits 412

Berita Terbaru