INFORMASI TEST ELPT (KLIK DISINI)

Giatkan Pembangunan Berkelanjutan Bersama Fakultas Keperawatan dalam Pameran SDGs Unair 2023

  • By Salwa Az Zahra
  • In Ners News
  • Posted 23 November 2023

NERS NEWS - Sustainable Development Goals (SDGs) atau Tujuan Pembangunan Berkelanjutan merupakan suatu gagasan yang didukung oleh Universitas Airlangga (Unair). Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga sukses menunjukkan hasil dari serangkaian program SDGs dalam kegiatan Pameran SDGs Unair hari pertama pada Senin (20/11/2023) di Gedung Rektorat Universitas Airlangga. Kegiatan pameran SDGs ini diisi oleh beberapa fakultas dan organisasi mahasiswa lainnya dan dihadiri oleh seluruh civitas Universitas Airlangga. Prof. Dr. Ah. Yusuf S.Kep., Ns., M.Kes selaku Dekan Fakultas Keperawatan turut hadir untuk berkunjung dan meramaikan booth Fakultas Keperawatan.

Dalam kegiatan pameran tersebut, Fakultas Keperawatan mendukung program SDGs poin 1-5. Poin pertama, SDGs mendukung segala program dalam mengurangi angka kemiskinan (No Poverty). Poin kedua, pembangunan berkelanjutan ini mendukung dalam menekan angka kelaparan (Zero Hunger). Poin ketiga yakni isu kesehatan menjadi poin utama sehingga Fakultas Keperawatan bersama-sama menggalakkan program Kehidupan sehat dan sejahtera (Good Health and Well-Being). Poin keempat, program tersebut memastikan agar pendidikan berkualitas bisa diakses oleh semua orang (Quality Education), dan poin kelima Fakultas Keperawatan mendukung program SDGs dalam Kesetaraan Gender (Gender Equality).

Fakultas Keperawatan berperan sangat aktif dalam mendukung program pembangunan melalui sebuah program dan serangkaian kegiatan Pengabdian Masyarakat di berbagai daerah di Indonesia. Adapun Pengabdian Masyarakat oleh beberapa dosen yang telah dilakukan dan mendapatkan hibah antara lain : Pelatihan Pembuatan Kerupuk Ikan Jenggala, Puding dan Kukis Buah Bit, Pembuatan Abon Ikan dalam Meningkatkan Ekonomi Masyarakat dan Pencegahan Stunting, Upaya Pencegahan Demensia Melalui Kegiatan Outbound Kognitif pada Kelompok Lansia, Aplikasi dan Modul Stunting, Terapi Bekam dan Akupuntur.

Selain itu, mahasiswa Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga juga menunjukkan kemampuannya dalam mendukung program SDGs melalui kegiatan Pelatihan Pembuatan Yoghurt Thunini, Ners Action : Peningkatan Kualitas Kesehatan, Desa Ramah Penyandang Gangguan Jiwa, G-Action : Kegiatan Memperingati Hari Alam, serta Pemanfaatan Limbah Salak. Tidak hanya kegiatan pengabdian masyarakat, beberapa mahasiswa menciptakan sebuah inovasi baru dalam mendukung program SDGs. Inovasi tersebut terdiri dari SMARTOSE : Smartwatch Pendeteksi Diabetes 3 in 1, SMART BRA : Bra Pijat Oksitosin dalam Mendukung Tumbuh Kembang Bayi, serta Story Perfume.

Sebuah harapan juga turut disampaikan oleh dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis menyempatkan berkunjung dan hadir dalam kegiatan Pameran SDGs Unair 2023. Beliau menyampaikan, “Bagus sekali Fakultas Keperawatan mendapatkan banyak kesempatan dan amanat dalam menjalankan program Pengabdian Masyarakat. Mahasiswa juga aktif dalam mengikuti kegiatan ini. Terus berkarya dan manfaatkan kesempatan untuk dapat bekerjasama dengan dosen dalam kegiatan Pengabdian Masyarakat yang dilakukan”.

 

Penulis : Putri Febrianti Setyaning Arum (Airlangga Nursing Journalist)
Editor : Salwa Az Zahra (Airlangga Nursing Journalist)

Pin It
Hits 314

Berita Terbaru