INFORMASI TEST ELPT (KLIK DISINI)

Mewujudkan Kemampuan Cara Berpikir Kritis dan Penyampaian Aspirasi yang Diaplikasikan dalam Musyawarah Wilayah ILMIKI Wilayah V 2023

  • By Salwa Az Zahra
  • In Ners News
  • Posted 23 November 2023

NERS NEWS - Musyawarah Wilayah ILMIKI Wilayah V merupakan agenda wajib ILMIKI yang berlangsung selama 2 tahun sekali. Agenda ini dapat dikatakan bisa mengolah kemampuan berpikir kritis dan penyampaian aspirasi mahasiswa dalam berorganisasi karena di dalam acara ini memiliki beberapa sidang-sidang seperti terdapat pembahasan sidang komisi, Pemaparan GBHO, Pemaparan dan Pembahasan laporan pertanggungjawaban PHW periode 2021/2023, pemilihan koordinator wilayah selanjutnya dan tenderisasi agenda wajib ILMIKI Wilayah V untuk periode selanjutnya. Agenda ini dihadiri oleh seluruh institusi yang tergabung dalam wilayah V (Jawa Timur, Bali, NTT, NTB). Agenda ini juga termasuk salah satu proker dari Departemen Hubungan Luar yang dinaungi sendiri oleh Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga.

Kegiatan Musyawarah Wilayah ILMIKI Wilayah V 2023 dilaksanakan pada hari kamis s.d Minggu, 26-29 Oktober 2023 secara offline di Universitas Airlangga, Jawa Timur. Pada kesempatan kali ini Universitas Airlangga mendatangkan delegasi setiap institusi yang tergabung dalam Wilayah V ILMIKI yakni dengan jumlah 61 peserta dari 16 Institusi yang berasal dari Universitas Airlangga, Universitas Brawijaya, Universitas Muhammadiyah Surabaya, Universitas Jember, Universitas Muhammadiyah Jember, Universitas Udayana, STIKES Kepanjen, IIK BHAKTI WIYATA Kediri, Universitas Dr Soebandi Jember, STIKES BHM MADIUN, dan lainnya. Kegiatan Musyawarah Wilayah V ILMIKI 2023 yang dilaksanakan selama empat hari tiga malam berjalan dengan lancar. Seluruh anggota antusias dalam mengikuti semua rangkaian kegiatan Musyawarah Wilayah ILMIKI Wilayah V 2023.

Pada setiap rangkaian kegiatan acara Musyawarah Wilayah V ILMIKI ini yang meliputi sidang komisi, pembahasan GBHO, LPJ, dan debat terbuka, maka para peserta bisa lebih kompeten dalam sebuah organisasi dengan dapat berpikir kritis untuk bisa menyanggah serta menyampaikan aspirasi sehingga pendapat kita dapat diterima oleh orang lain dengan baik dan dapat bermanfaat bagi acara tersebut. Kebersamaan yang tercipta pada serangkaian kegiatan Musyawarah Wilayah V ILMIKI dapat meningkatkan motivasi setiap individu untuk menciptakan personal yang kompeten dalam sebuah organisasi sehingga dapat menjadikan mahasiswa fakultas keperawatan menjadi generasi perawat profesional.

Pada Agenda Musyawarah Wilayah ILMIKI Wilayah V memberikan berbagai dampak positif, seperti memungkinkan peserta menjalin hubungan dengan berbagai institusi lain dan menciptakan rasa persaudaraan antar mahasiswa Fakultas Keperawatan di seluruh Indonesia serta memanfaatkan kesempatan saling sharing mengenai perkembangan bidang keperawatan. Di samping itu, rangkaian kegiatan pada Musyawarah Wilayah ILMIKI Wilayah V 2023 memampukan peserta dalam mengambil keputusan untuk meningkatkan kesejahteraan organisasi dan profesinya. Tindakan kreatif dan inovatif meningkatkan kesejahteraan dan kemampuan perawat untuk memenuhi tugas profesional mereka. Seperti yang disebutkan sebelumnya bahwa salah satu tujuan Musyawarah Wilayah V ILMIKI adalah sebagai sarana mengembangkan cara berpikir kritis dan menyampaikan aspirasi.

“Menurut saya agenda Musyawarah Wilayah ILMIKI Wilayah V ini sangat bermanfaat bagi semua mahasiswa keperawatan di wilayah lima, baik yang hadir langsung pada acara ini maupun tidak. Banyak insight yang didapat dalam acara ini untuk melatih kemampuan cara berpikir kritis kita sebagai mahasiswa keperawatan lewat agenda-agenda yang ada selama acara berlangsung. Secara tidak langsung, mahasiswa yang hadir dalam acara Muswil ini turut menjadi saksi sejarah baru dan juga menjadi calon-calon pemimpin di masa yang akan datang.” Ujar Cinta Cahya Safira Djuma selaku Ketua Departemen Hubungan Luar BEM FKp Unair 2023.

 

Penulis : Herlina Indarni & Dwi Yuvta Nurensa SN
Editor : Salwa Az Zahra (Airlangga Nursing Journalist)

Pin It
Hits 331

Berita Terbaru