INFORMASI TEST ELPT (KLIK DISINI)

Get to Know About IEP

  • By Salwa Az Zahra
  • In Ners News
  • Posted 24 November 2023

NERS NEWS - Kegiatan Intensive ELPT Preparation (IEP) merupakan salah satu program kerja unggulan dari UKF English Nursing Club (ENC) BEM Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga yang telah dilaksanakan dan cukup sesuai dengan perencanaan yang telah disusun. Jumlah peserta IEP berdasarkan hasil pendaftaran adalah 92 orang yang berasal dari berbagai angkatan misalnya angkatan 2021, 2022, 2023, program alih jenis, dan jenjang S2 dari berbagai fakultas di Universitas Airlangga.

Intensive ELPT Preparation (IEP) terdiri dari 3 pertemuan, yaitu terdiri dari technical meeting, dan test atau try out dengan setiap pertemuan membahas tentang Structure And Written Expression, Reading Comprehension, dan juga Listening Comprehension. Dalam satu pertemuan, akan diberikan penjelasan materi yang dilanjutkan dengan pelatihan soal-soal dalam modul yang telah diberikan. Untuk pengajar atau pengisi materi, kami bekerja sama dengan tim pengajar dari Pusat Bahasa Unair (PUSBA).

Pada pertemuan pertama (12/09/2023), dengan materi Structure And Written Expression, bagian ini berkaitan dengan grammar atau tata bahasa yang melatih kemampuan peserta dalam memahami tata Bahasa Inggris dan ungkapan-ungkapan yang lazim di dalamnya. Bagian ini juga melatih kemampuan peserta dalam menggunakan dan mengetahui letak kesalahan dari ungkapan atau tata bahasa tersebut. Para peserta mempelajari soal-soal structure and written expression berupa melengkapi kalimat yang dikosongkan dan menunjuk bagian kata atau frase mana yang kurang tepat atau bahkan salah dari suatu kalimat utuh.

Pada pertemuan kedua (19/09/2023) dengan materi Reading Comprehension, bagian ini melatih kemampuan peserta dalam memahami berbagai jenis bacaan ilmiah. Peserta akan diberi teks bacaan disertai sejumlah pertanyaan yang biasanya menanyakan tentang topik, ide utama, isi bacaan, arti kata atau kelompok kata, serta informasi rinci yang berkaitan dengan bacaan. Para peserta dilatih memahami berbagai jenis bacaan ilmiah dan mengidentifikasi beberapa bacaan berbeda beserta pertanyaan-pertanyaan yang akan menyertai bacaan-bacaan tersebut.

Pada pertemuan ketiga (26/09/2023), dengan materi Listening Comprehension, bagian ini akan melatih kemampuan peserta dalam mendengarkan percakapan ataupun pidato pendek dalam bahasa Inggris melalui tape atau media audio lainnya. Para peserta dilatih mendengarkan percakapan ataupun pidato pendek dalam bahasa Inggris kemudian diakhiri dengan menjawab beberapa pertanyaan.

Try Out dilaksanakan pada hari Rabu, 27 September 2023 yang dimulai dengan 1 sesi pukul 08.00 WIB – 10.40 WIB. Diawali dengan registrasi ulang peserta, persiapan peserta, persiapan device peserta dan pemaparan mekanisme try out dan pembacaan peraturan oleh proktor dari PUSBA.

 

Penulis : Salwa Trisni Mahardika
Editor : Salwa Az Zahra (Airlangga Nursing Journalist)

Pin It
Hits 304

Berita Terbaru