INFORMASI TEST ELPT (KLIK DISINI)

FKp Unair kirim Empat Orang Dosen ikuti Pelatihan OSCE AIPNI Regional Jawa Timur

  • By Salwa Az Zahra
  • In Ners News
  • Posted 27 November 2023

NERS NEWS - Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga berkomitmen untuk mendukung dan berperan serta aktif dalam pelaksanaan Uji Objective Structured Clinical Examination (OSCE) bagi setiap lulusan Profesi Ners yang rencananya akan mulai menjadi bagian dari uji kompetensi pada tahun 2024 secara nasional. OSCE merupakan ujian yang dilakukan untuk menilai kinerja klinis dan perilaku profesional mahasiswa dalam melakukan asuhan keperawatan, khususnya tindakan-tindakan keperawatan. Pelatihan dilaksanakan selama 4 hari dengan konsep 2 hari luring dan 2 hari daring.

Beberapa materi yang diberikan diantaranya standar penyelenggaraan dan fasilitas OSCE diberikan langsung oleh pemateri-pemateri dari AIPNI Pusat. Pengalaman langsung juga diberikan selama pelatihan agar peserta dapat memahami cara menyusun rubrik soal, mereview soal, menyiapkan sarana prasarana, serta menyiapkan klien standar untuk mendukung pelaksanaan ujian OSCE. Simulasi juga dilakukan di hari terakhir untuk meningkatkan retensi materi pada peserta.

Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga sendiri telah beberapa kali melakukan OSCE bagi mahasiswanya. FKp Unair juga sudah memiliki sarana prasarana yang adekuat untuk pelaksanaan kegiatan tersebut. Empat dosen yang dikirim untuk mengikuti pelatihan ini, di antaranya Ibu Dr. Ika Yuni Widyawati, S.Kep., Ns., M.Kep., Sp.Kep.MB dan Dr. Eka Mishbahatul MH, S.Kep., Ns., M.Kep. dari Departemen Keperawatan Lanjut, serta Ibu Dr. Kristiawati, S.Kep., Ns., M.Kep.Sp.Kep.A dan Harmayetty, S.Kp., M.Kes. Dari Departemen Keperawatan Dasar. Mereka meyakini pelatihan yang diikuti ini dapat memberikan kontribusi positif terhadap pelaksanaan OSCE di FKp Unair di masa depan.

 

Penulis : Dr. Ika Yuni Widyawati, S.Kep., Ns., M.Kep., Sp.Kep.MB
Editor : Salwa Az Zahra (Airlangga Nursing Journalist)

Pin It
Hits 474

Berita Terbaru