INFORMASI TEST ELPT (KLIK DISINI)

Tingkatkan Kreativitas dan Literasi Mahasiswa Muslim Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga Melalui Majalah Dinding SKINers

  • By Salwa Az Zahra
  • In Ners News
  • Posted 27 November 2023

NERS NEWS - Seperti tahun-tahun sebelumnya, dalam rangka menyambut Ramadhan tahun ini, Departemen Media dan Humas SKINers kembali melaksanakan program kerja Mading pada hari Sabtu (08/04/2023). Jika pada tahun sebelumnya mading dilaksanakan secara online karena kendala pandemi, kali ini mading dilaksanakan secara offline dengan sajian artikel yang tidak kalah menarik.

Perkembangan teknologi, informasi dan pengetahuan baik di bidang kesehatan maupun di bidang agama semakin meningkat. Peningkatan tersebut nyatanya tidak diimbangi dengan peningkatan status literasi digital di Indonesia. Sehingga melalui mading SKINers ini diharapkan dapat menjadi sarana untuk mahasiswa muslim Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga memperoleh berbagai pengetahuan dan informasi mengenai isu-isu terkini dari sudut pandang Islam dan menjadi wadah dalam meningkatkan minat literasi mahasiswa. Mading tahun ini dilaksanakan sebanyak 2 kali dengan mengangkat tema Ramadhan Berkah, Ramadhan Lillah dan Perbanyak Shalawat Mendapat Syafa’at.

Ramadhan Berkah, Ramadhan Lillah

Secara sederhana kita katakan bahwa berkah tidak selalu identik dengan banyak atau sedikitnya harta. Tidak ada jaminan orang yang kaya akan memperoleh keberkahan hidup bila tidak digunakan untuk kemaslahatan tetapi justru untuk melakukan perbuatan maksiat. Sebaliknya, ada orang yang hidup dalam kesederhanaan dengan harta yang pas-pasan namun mendatangkan keberkahan baginya sehingga terlatih untuk menjadi orang yang sabar dan bersyukur.

Orang yang meraih keberkahan akan tampak dari adanya peningkatan diri lebih untuk selalu dekat dan mendekatkan dengan Allah. Kepribadian yang dimilikinya mencerminkan sifat-sifat yang mulia sehingga orang-orang yang berada disekitarnya merasa aman dan nyaman untuk berlama-lama duduk bersamanya. Selain itu aktivitas yang dia lakukan semuanya atas dasar untuk meraih ridha Allah dan diniatkan hanya karena-Nya: Lillahi ta’ala.

Perbanyak Shalawat Mendapat Syafaat

Sebagai manusia biasa yang tak luput dari dosa, sudah seharusnya kita terus berusaha untuk meminta ampun kepada Allah SWT. Selain meminta ampun kepada Allah, kita juga bisa mengharap syafaat Nabi Muhammad SAW dengan bershalawat agar nantinya diakui sebagai umatnya serta mendapatkan limpahan cinta darinya. Ketika kita dicintai oleh Nabi Muhammad SAW, maka syafaat akan mengalir kepada kita dan dosa pun dapat terampuni. Memperbanyak shalawat juga sebagai bagian dari cara untuk belajar mencintai Nabi Muhammad SAW. Di samping itu, shalawat juga memberikan banyak keutamaan luar biasa bagi pembacanya.

Dua paragraf tersebut merupakan sedikit cuplikan dari mading SKINers yang dapat dibaca jika mengunjungi Mushola Rufaidah Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga. Dalam mendukung berlangsungnya program kerja mading ini, Angella Septia selaku ketua pelaksana program kerja mading mengatakan bahwa dirinya membentuk panitia khusus untuk pembuatan mading yang beranggotakan 8 orang panitia yang berpartisipasi aktif dalam pembuatannya.

Program kerja mading ini tentu membawa manfaat tidak hanya dalam memberikan ruang bagi mahasiswa untuk menuangkan kreativitasnya tetapi juga meningkatkan kemampuan literasi serta pengetahuan keislaman.

 

Penulis : Nanda Futikhatul Kurnia
Editor : Salwa Az Zahra (Airlangga Nursing Journalist)

Pin It
Hits 761

Berita Terbaru