INFORMASI TEST ELPT (KLIK DISINI)

CAGAR ANKARA (Cegah Anemia Dini dan Kanker Payudara) : Edukasi dan Deteksi Dini Anemia dan Kanker Payudara pada siswi SMK Negeri 8 Surabaya

  • By Salwa Az Zahra
  • In Ners News
  • Posted 30 November 2023

NERS NEWS - Kelas A1 Angkatan 2021 Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga telah menyelenggarakan penyuluhan kesehatan berupa edukasi dan pencegahan anemia serta kanker payudara pada siswi SMKN 8 Surabaya jurusan Tata Kecantikan pada Rabu (22/11/2023) di Aula SMKN 8 Surabaya.

Penyuluhan yang dilakukan oleh kelompok mahasiswa ini mengangkat judul “CAGAR ANKARA” (Cegah Anemia Dini dan Kanker Payudara). Kegiatan Project Based Learning mata kuliah Keperawatan Kesehatan Reproduksi sebagai langkah promotif dalam meningkatkan kesehatan remaja putri pada masa sekarang dan sebagai langkah preventif untuk mencegah meningkatnya anemia dan kanker payudara pada siswi SMKN 8 Surabaya.

Kegiatan ini dihadiri oleh Ibu Aria Aulia Nastiti, S.Kep.,Ns.,M.Kep selaku dosen fasilitator kelas A1, Ibu Ni Ketut Alit Armini, S.Kp.,M.Kes selaku dosen pengampu mata kuliah Keperawatan Kesehatan Reproduksi, dan Ibu Siti Indawati selaku perwakilan pihan SMKN 8. Dalam kegiatan ini, Ibu Aria Aulia Nastiti, S.Kep.,Ns.,M.Kep mengutarakan adanya deteksi dini sangat bermanfaat untuk melakukan pencegahan sedini mungkin agar tidak terjadi anemia ataupun kanker payudara pada remaja putri. Pembiasaan untuk tetap menjaga pola makan yang sehat dan aktivitas positif lainnya juga harus seimbang. Dalam sambutan pihak sekolah mengatakan senang bekerja sama dengan mahasiswa keperawatan Unair sebab, ini menjadi kedua kalinya kelas A1 bekerjasama dengan SMKN 8 dalam kegiatan Project Based Learning yang bermanfaat untuk mencegah anemia dan kanker payudara pada siswinya.

Seperti kegiatan–kegiatan sebelumnya tentunya ada pemberian materi oleh mahasiswa terkait anemia dan kanker payudara. Pemateri dalam kegiatan kali ini adalah Earlene Devita, Mazzidatul Izza, dan Amanda Istikomah. Dalam setiap materinya kami memberikan kesempatan untuk siswa–siswinya mencatat dan menanyakan apabila ada hal–hal yang kurang dimengerti.

Kegiatan lain yang menjadi unggulan projek kami kali ini adalah screening. Dalam project kali ini kami memfasilitasi untuk para siswa–siswi untuk melakukan screening BB, TB, dan LILA untuk mengetahui resiko KEK (Kurang Energi Kronis) dan juga cek HB (Hemoglobin) untuk mengetahui resiko anemia, serta deteksi dini mengenai kanker payudara dengan SADARI. Evaluasi kegiatan ini ditinjau berdasarkan hasil pre-test dan post-test melalui gform yang dibagikan kepada masing – masing peserta diawal dan diakhir kegiatan.

Selain pemaparan dan screening kepada siswi SMKN 8 Surabaya, diadakan juga games sebagai bentuk relaksasi kejenuhan para siswa dan untuk membangkitkan kembali semangat siswa-siswi SMKN 8 Surabaya. Tidak lupa sebelum kegiatan berakhir, para mahasiswa memberikan reward bagi siswa-siswi yang aktif, seru, dan menarik selama kegiatan berlangsung.

“Saya mengucapkan terimakasih kepada pihak SMKN 8 Surabaya karena telah bersedia bekerja sama lagi dengan kami, untuk yang kedua kalinya. Semoga apa yang kami sampaikan bermanfaat dan dapat diterapkan oleh teman-teman SMKN 8 Surabaya.” ucap Nesti Meiviarani selaku ketua pelaksana PJBL kelas A1 angkatan 2021.

 

Penulis : Nesti Meiviarani
Editor : Salwa Az Zahra (Airlangga Nursing Journalist)

Pin It
Hits 492

Berita Terbaru