INFORMASI TEST ELPT (KLIK DISINI)

Serangkaian Proses Menuju Puncak Penghargaan 2024

  • By Salwa Az Zahra
  • In Ners News
  • Posted 30 November 2023

NERS NEWS - Departemen Keilmuan BEM Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga telah melaksanakan MAWAPRES (Mahasiswa Berprestasi) dengan serangkaian kegiatan yang berlangsung mulai tanggal 18 hingga 29 September 2023. Rangkaian acara tersebut melibatkan proses pendaftaran, seleksi administrasi, seleksi I (wawancara), seleksi II (problem solving), dan tahap final chapter (presentasi karya tulis ilmiah berbahasa Inggris). Kegiatan ini diketuai oleh Aulia Fikriatunnisa dengan tema mengusung tema "Meningkatkan Prestasi dan Mewujudkan Mimpi bersama MAWAPRES 2023".

Seleksi I (interview) telah diadakan pada tanggal 18 September 2023. Interview mencakup aspek wawasan kebangsaan dan kemampuan berbahasa Inggris. Pada tahap ini, Ibu Retnayu Pradanie, S.Kep., Ns., M.Kep bertindak sebagai juri untuk menilai wawasan kebangsaan dan Bapak Rifky Oktavia Pradipta S.Kep., Ns., M.Kep menjadi juri dalam penilaian bahasa Inggris. Proses seleksi I ini dilakukan secara daring melalui platform Zoom Meeting.

Kemudian, tahap seleksi II (problem solving) diselenggarakan pada tanggal 23 September 2023. Pada tahap ini, peserta diberi sebuah kasus oleh Destya Eka Nurviana, alumni mahasiswa FKp Unair Angkatan 2019 yang sekaligus menjadi dewan juri. Peserta diharapkan dapat menyampaikan pendapat dan solusi mereka terhadap kasus tersebut melalui pembuatan video dengan tingkat kreativitas seoptimal mungkin yang diposting di instagram resmi Mawapres. Selanjutnya, Pemilihan Mawapres 2023 ini diakhiri oleh seleksi III berupa presentasi karya tulis ilmiah yang dibuat oleh setiap finalis dan disampaikan dengan Bahasa Inggris.

Tidak hanya itu, Departemen Keilmuan BEM Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga bersama pihak duta FKp Unair juga mempersiapkan beberapa hal untuk menyukseskan acara Puncak Penghargaan Fakultas Keperawatan Unair dimana acara tersebut menjadi ajang pemberian penghargaan bagi mahasiswa berprestasi sekaligus pengumuman Duta Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga tahun 2024. Persiapan tersebut dilakukan sejak tanggal 25 September 2023 hingga puncak acara pada tanggal 25 November 2023. Persiapan itu juga terdiri dari pemilihan duta Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga 2024 dengan serangkaian berupa babak penyisihan (tes tulis dan tes administrasi), tes tulis dan interview, babak semifinal, karantina, babak final hingga pemilihan duta FKp Unair 2024.

Babak semifinal yang dilakukan mulai tanggal 13-16 Oktober 2023 meliputi gladi, talent show, hingga oral presentation pada tanggal 16 Oktober 2023 yang disusul oleh pengumuman grand finalis pada tanggal 18 Oktober 2023. Kemudian pada tahap karantina, 1-12 November 2023 para finalis mengikuti beberapa kegiatan diantaranya public speaking class yang dilaksanakan melalui zoom meeting, make up class, group discussion, latihan catwalk, dan latihan opening dance untuk persembahan yang akan ditampilkan di Puncak Penghargaan 2024.

Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan mampu melahirkan mahasiswa yang unggul serta berprestasi tidak hanya dalam bidang akademik, namun juga non akademik. Tidak hanya itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan branding Fakultas Keperawatan baik ditingkat nasional maupun Internasional sekaligus menjadi pendorong bagi seluruh keluarga mahasiswa agar mampu bersaing dalam menciptakan prestasi baru sebanyak-banyaknya.

 

Penulis : Elfira Primandani_132221021
Editor : Salwa Az Zahra (Airlangga Nursing Journalist)

Pin It
Hits 443

Berita Terbaru