INFORMASI TEST ELPT (KLIK DISINI)

“SIAP JEJAKI,” Penyuluhan Cedera bagi Para Peserta UKM Sepak Bola dan Futsal Universitas Airlangga

  • By Salwa Az Zahra
  • In Ners News
  • Posted 17 December 2023

NERS NEWS - Pada hari Selasa (12/12/2023), kelompok 1 kelas A1 angkatan 2021 Fakultas Keperawatan Unair mengadakan kegiatan Project Based Learning (PJBL) yang merupakan kegiatan wajib di setiap akhir pertemuan pada beberapa mata kuliah tertentu. Kegiatan ini dilakukan secara luring, bertempat di ruang Jean Watson II Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga.

Mengusung tema cedera pada atlet, kegiatan ini bernama “SIAP JEJAKI,” yang merupakan akronim dari “Siaga Sport Injury Sejak Dini”. Seperti temanya, kegiatan ini dihadiri oleh para peserta yang berasal dari UKM Sepak Bola dan Futsal dengan usia rata-rata 20 tahun. Kegiatan ini sukses terlaksana, meskipun dilaksanakan di malam hari dengan cuaca yang dingin.

Ketua pelaksana, Budiyanto Tri Bowo menyebutkan bahwa kegiatan PJBL ini didasarkan pada faktor risiko bahwa para atlet maupun orang dengan hobi olahraga memiliki risiko yang cukup besar untuk mengalami cedera. “Karena aktivitas yang berat, atlet memiliki risiko yang cukup besar untuk mengalami cedera. Oleh karena itu, sangat penting bagi atlet untuk memiliki pengetahuan yang cukup mengenai cedera dan cara menanganinya,” ucapnya.

Saat berolahraga, seseorang rentan terkena cedera. Beberapa cedera yang umum terjadi antara lain berupa memar, kram, lepuh, lecet, dislokasi, hingga fraktur. Setelah mengikuti kegiatan penyuluhan mengenai sport injury ini, diharapkan para peserta yang merupakan anggota UKM Sepak Bola dan Futsal dapat mengetahui informasi mengenai kekuatan otot, anatomi sistem muskuloskeletal, cedera, pencegahan, serta tatalaksananya.

 

Penulis : Eva Marlia
Editor : Salwa Az Zahra (Airlangga Nursing Journalist)

Pin It
Hits 297

Berita Terbaru