INFORMASI TEST ELPT (KLIK DISINI)

Detak Remaja: Upaya Menjaga Kesehatan Sistem Kardiovaskuler bagi Siswa SMA Muhammadiyah 10 Surabaya

  • By Salwa Az Zahra
  • In Ners News
  • Posted 24 December 2023

NERS NEWS - Kegiatan kunjungan silaturahmi sekaligus sosialisasi, pembinaan serta penyuluhan tentang kesehatan sistem kardiovaskular “Detak Remaja” yang dilaksanakan di SMA Muhammadiyah 10 Surabaya oleh Mahasiswa Keperawatan Universitas Airlangga pada hari Kamis (30/11/2023) telah berlangsung dengan lancar. Kegiatan ini diterima dengan dengan baik oleh para siswa/siswi, guru pendamping, dan staf.

Kegiatan penyuluhan ini bertema “Membangun Fondasi Kuat dengan Transformasi Kebiasaan Hidup Sehat Sistem Kardiovaskuler di Usia Remaja”. Tujuan kegiatan penyuluhan kesehatan bagi remaja adalah untuk melakukan pembinaan dan memberikan pemahaman bagi pelajar tentang membudayakan perilaku hidup sehat dengan menjaga kesehatan sistem kardiovaskular baik di lingkungan sekolah maupun di lingkungan rumahnya.

Kegiatan ini dibuka oleh MC dan diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, Hymne Airlangga, dan Mars SMAMX. Kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari ketua pelaksana dan dosen pembimbing dan Kepala Sekolah SMAMX lalu penyerahan plakat. Kemudian sesi pemaparan materi yang disampaikan oleh mahasiswa Fakultas Keperawatan Unair.

Selama kegiatan berlangsung, peserta terlihat antusias dalam mengikuti dan menyimak materi yang disampaikan. Selain pemberian materi mengenai Kesehatan Sistem Kardiovaskular, pemateri juga mengajak peserta belajar meraba nadi sendiri atau MENARI.

Pada kegiatan penyuluhan ini diadakan sesi tanya jawab, diskusi bersama serta evaluasi singkat mengenai materi yang telah disampaikan. Kegiatan penyuluhan ini ditutup disertai dengan screening kesehatan bagi siswa-siswi, guru pendamping, dan staf yang ada. Kegiatan screening kesehatan menyeluruh juga menjadi fokus utama. Seluruh siswa/siswi SMA Muhammadiyah 10 Surabaya kelas X diperiksa kesehatannya, antara lain pemeriksaan tekanan darah, berat badan, tinggi badan. Hal ini dilakukan untuk mendeteksi dini masalah kesehatan yang mungkin dialami oleh siswa/siswi sehingga bisa segera teratasi.

Secara keseluruhan kegiatan penyuluhan terlaksana dengan sangat baik dan melebihi target sasaran kami untuk menyampaikan informasi mengenai “Membangun Fondasi Kuat dengan Transformasi Kebiasaan Hidup Sehat Sistem Kardiovaskular di Usia Remaja”.

 

Penulis:Aurel
Editor: Fadiya Rizkyna Asadanie (Airlangga Nursing Journalist)

Pin It
Hits 266

Berita Terbaru