INFORMASI TEST ELPT (KLIK DISINI)

Anak Sehat dengan “CERIA”: Edukasi Cegah Radang Tenggorokan serta Pentingnya Penerapan PHBS

  • By Salwa Az Zahra
  • In Ners News
  • Posted 24 December 2023

NERS NEWS - Kelompok 2 Kelas A1 angkatan 2021 Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga telah menyelenggarakan penyuluhan kesehatan berupa edukasi pencegahan radang tenggorokan serta pentingnya penerapan PHBS pada siswa-siswi kelas 3 SD Khairunnas pada Rabu (22/11/2023) di Masjid Ash Shobirin Jl. Rungkut Mapan Tengah No. FD. 01A.

Penyuluhan yang dilakukan oleh kelompok mahasiswa ini mengangkat judul Anak Sehat dengan CERIA (Cegah Radang Tenggorokan). Kegiatan Project Based Learning sebagai pemenuhan mata kuliah Keperawatan Agregat Komunitas di semester 5 ini sebagai langkah promotif dalam meningkatkan kesehatan anak sekolah pada masa sekarang dan sebagai langkah preventif untuk mencegah meningkatnya jumlah anak yang terkena radang tenggorokan akibat pola hidup yang kurang baik.

Kegiatan ini dihadiri oleh Ustadzah Ratnatus Sa’idah.,M.Pd.I selaku kepala SD Khairunnas, serta ustadzah Soffy selaku wali kelas 3 SD Khairunnas. Ustadzah Ratna mengutarakan adanya penyuluhan ini sangat bermanfaat untuk siswa siswinya agar mengerti terkait jajanan–jajanan yang membahayakan yang dapat menyebabkan radang tenggorokan. Pembiasaan untuk tetap menjaga pola makan yang sehat dan aktivitas positif lainnya juga harus seimbang. Seperti kegiatan–kegiatan sebelumnya tentunya ada pemberian materi oleh mahasiswa terkait anemia dan kanker payudara.

Pemateri dalam kegiatan kali ini adalah Putri Anggarani dan Saidah. Dalam setiap materinya kami memberikan kesempatan untuk adik-adik mencatat dan menanyakan apabila ada hal–hal yang kurang dimengerti. Hasil akhir yang diharapkan setelah terlaksanakannya sosialisasi ini adalah terjadinya peningkatan pengetahuan dan pemahaman para warga tentang pencegahan radang serta apa saja yang dapat menyebabkan radang.

Cara mengetahui berhasil atau tidaknya kegiatan sosialisasi ini yang telah dilakukan, kami melakukan role play PHBS cuci tangan dengan benar serta melakukan pengisian pre dan post-test. Evaluasi kegiatan ini ditinjau berdasarkan hasil pre-test dan post-test melalui gform yang dibagikan kepada masing–masing peserta di awal dan diakhir kegiatan.

Selain pemaparan kepada siswa siswi SD Khairunnas, diadakan juga games sebagai bentuk relaksasi kejenuhan para siswa dan untuk membangkitkan kembali semangat siswa siswi SD Khairunnas berupa games cerdas cermat. Tidak lupa untuk menutup kegiatan, para mahasiswa memberikan reward bagi siswa-siswi yang aktif, seru, dan menarik selama kegiatan berlangsung yang menambah kepuasan tersendiri di hati mereka.

“Saya mengucapkan terimakasih kepada pihak SD Khairunnas karena telah bersedia bekerja sama lagi dengan kami. Semoga apa yang kami sampaikan bermanfaat dan dapat diterapkan oleh siswa siswi SD Khairunnas.” ucap Paundra Deastama selaku ketua pelaksana PJBL kelompok 2 kelas A1 angkatan 2021.

 

Penulis : Nesti Meiviarani
Editor : Salwa Az Zahra (Airlangga Nursing Journalist)

Pin It
Hits 266

Berita Terbaru