INFORMASI TEST ELPT (KLIK DISINI)

Senam Antihipertensi dari GESIT 2023: Membangun Antusiasme Cegah Hipertensi

  • By Salwa Az Zahra
  • In Ners News
  • Posted 24 December 2023

NERS NEWS - Mahasiswa Kelas A-4 Angkatan 2022 Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga menggelar kegiatan sosialisasi Pencegahan Hipertensi dengan tema "GESIT: Gerakan Sehat Anti Hipertensi" pada hari Minggu (10/12/2023) di Balai RW 05 Mojo, Surabaya. Kegiatan sosialisasi ini merupakan pelaksanaan Project Based Learning sebagai pemenuhan tugas Mata Kuliah Keperawatan Klien Dewasa Sistem Kardiovaskuler, Respiratori, dan Hematologi. Kegiatan yang dilaksanakan diantaranya, terdapat penyuluhan tentang Hipertensi yang disampaikan oleh pemateri Sajidah Khairallah Telfah, Instruktur senam Antihipertensi dibawakan oleh Aprilia Anggi Puspita, serta pengecekan tensi dilakukan oleh sebagian panitia PjBL.

Dalam kegiatan ini terlaksana yaitu, Senam Antihipertensi dan Pengecekan Tekanan Darah peserta. "Senam Antihipertensi ini sangat bagus untuk dilakukan disela-sela waktu kegiatan ibu-ibu sekalian. Kan tentunya sangat bermanfaat apabila bisa mengurangi peluang terkena hipertensi seawal mungkin", jelas April sebagai instruktur Senam Antihipertensi pada warga. Sajida pun menjelaskan, "Salah satu pencegahan hipertensi dengan memulai pola hidup yang sehat yaitu dengan berolahraga, salah satunya adalah senam antihipertensi ini". Para warga RW 05 Mojo terlihat antusias dengan adanya senam Antihipertensi, gerakannya sangat bervariasi mulai dari menepuk tangan hingga berjalan di tempat. Peserta menyampaikan bahwa kegiatan seperti adanya sosialisasi membawa dampak positif bagi warga RW 05 Mojo, Surabaya.

Dampak Positif PjBL kami adalah pada tingkat kesehatan warga terciptanya keseruan dan variasi gerakan selama senam Antihipertensi dapat meningkatkan minat dan kepatuhan masyarakat dalam menjalani kegiatan fisik. Peserta kegiatan merasakan hal positif terhadap dampak kegiatan ini sehingga dapat mendorong kelanjutan program serupa di masa mendatang.

Peserta kegiatan memberikan tanggapan positif dengan kesadaran peserta menjadi penguat bahwa kegiatan sosialisasi ini berhasil mencapai tujuannya. Kesaksian langsung dari masyarakat yang menyampaikan bahwasanya cakupan dari kegiatan PjBL ini menjadi dasar untuk pengembangan dan perluasan kegiatan serupa di wilayah lain.

Kegiatan ini memberikan harapan bahwa kegiatan serupa dapat diadakan secara berkala untuk mempertahankan kesadaran masyarakat tentang pentingnya pencegahan hipertensi. Partisipasi mahasiswa dan dukungan masyarakat dapat menjadi pondasi untuk proyek-proyek berkelanjutan terutama bidang kesehatan masyarakat yang berkaitan dengan peningkatan derajat kesehatan masyarakat luas.

 

Penulis : Nisa Aulia Ibadillah
Editor : Salwa Az Zahra (Airlangga Nursing Journalist)

Pin It
Hits 258

Berita Terbaru