INFORMASI TEST ELPT (KLIK DISINI)

Aksi Penyuluhan PERIKARDIA (Pencegahan Risiko Kardiovaskuler di Usia Dewasa): Program Edukasi Peningkatan Kesadaran Masyarakat Tentang Risiko Penyakit Jantung di Kelurahan Dukuh Sutorejo Surabaya

  • By Salwa Az Zahra
  • In Ners News
  • Posted 24 December 2023

NERS NEWS - Sabtu, (16/12/2023) Kelas A2 angkatan 2022 Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga telah menyelenggarakan penyuluhan tentang edukasi terkait risiko penyakit kardiovaskuler pada masyarakat dengan sasaran rentang umur 30 hingga 45 tahun di Balai RW 3, Kelurahan Dukuh Sutorejo, Jl. Tempurejo No. 29, Surabaya.

Penyuluhan yang telah dilakukan oleh kelompok mahasiswa ini mengangkat judul “PERIKARDIA” (Pencegahan Risiko Kardiovaskuler di Usia Dewasa). Penyuluhan dilakukan sebagai salah satu bentuk capaian PjBL (Project Based Learning) mata kuliah Keperawatan Klien Dewasa Sistem Kardiovaskuler, Respiratori, dan Hematologi yang bertujuan untuk menyebarluaskan langkah promotif dan preventif mengenai kewaspadaan penyakit kardiovaskuler misalnya hipertensi dan kolesterol.

Kegiatan ini dihadiri oleh Ibu Laily Hidayati S.Kep., Ns., M.Kep. selaku dosen pendamping pada kegiatan PjBL (Project Based Learning) mata kuliah Keperawatan Klien Dewasa Sistem Kardiovaskuler, Respiratori, dan Hematologi serta Ibu Heni Sanah sebagai perwakilan aparat warga Kelurahan Dukuh Sutorejo.

Sebagai awalan, kegiatan dibuka dengan beberapa sambutan yang disampaikan oleh ketua pelaksana kegiatan Project Based Learning kelas A2 angkatan 2022 yaitu Agus Arisanto, kemudian dilanjutkan dengan sambutan oleh ibu Laily Hidayati S.Kep., Ns., M.Kep. Dalam sambutannya, Ibu Laily mengucapkan terimakasih banyak kepada masyarakat yang telah hadir dan pihak RW yang telah menyediakan fasilitas untuk terlaksananya kegiatan ini. Ibu Laily juga mengutarakan bahwa dengan adanya kegiatan ini masyarakat diharapkan dapat terbantu untuk memperoleh informasi tentang pencegahan penyakit kardiovaskuler. Selain itu, sambutan juga diberikan oleh salah satu pihak warga yaitu Bapak Mathuri selaku ketua RW 3 Kelurahan dukuh Sutorejo, Surabaya. Beliau mengatakan terimakasih karena warga setempat sangat senang untuk menerima informasi oleh mahasiswa Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga.

Kegiatan inti pada Project Based Learning adalah pemaparan materi yang diberikan oleh mahasiswa terkait hipertensi dan kolesterol dengan menjelaskan tentang faktor penyebab, tanda gejala, serta cara pencegahannya. Pemaparan materi disampaikan oleh Yuliana Rahmah dan Riska Amelia Nirina Ilham. Selain memberikan pemaparan materi, kami juga memberikan kesempatan pada para masyarakat yang hadir untuk bertanya apabila ada hal-hal yang kurang dimengerti.

Kegiatan lain yang telah dilakukan selain pemaparan materi adalah program cek kesehatan. Cek kesehatan yang dilakukan adalah cek tinggi badan, berat badan, tensi untuk mengetahui tingginya tekanan darah, dan cek kolesterol untuk mengecek kadar kolesterol dalam tubuh. Hal tersebut diharapkan dapat menjadi sarana informasi masyarakat untuk deteksi dini terjadinya risiko penyakit kardiovaskuler.

Evaluasi kegiatan dilakukan dengan meninjau hasil pemahaman masyarakat melalui pengetesan secara verbal dimana pemateri akan menanyakan sedikit pertanyaan tentang materi yang telah dipaparkan dan masyarakat diminta untuk menjawab. Masyarakat yang dapat menjawab pertanyaan evaluasi dengan benar nantinya akan diberikan hadiah atau reward sebagai peserta teraktif.

Kegiatan Project Based Learning yang telah selesai tak lupa ditutup dengan sesi dokumentasi bersama dengan panitia kegiatan serta para warga Kelurahan Dukuh Sutorejo. Selain itu kegiatan juga ditutup dengan sepatah kata oleh ketua pelaksana, “Sebelum saya tutup, saya sebagai ketua pelaksana mewakili panitia yang lainnya memohon maaf apabila selama dilangsungkan acara ini terdapat kekurangan. Sekali lagi saya ucapkan terima kasih untuk warga RW 3 yang sudah hadir disini”. Ucap Agus Arisanto sebagai ketua pelaksana PjBL kelas A2 angkatan 2022 Fakultas Keperawatan Universias Airlangga.

 

Penulis: Sasikirana Ariesta Dewani
Editor : Salwa Az Zahra (Airlangga Nursing Journalist)

Pin It
Hits 424

Berita Terbaru