INFORMASI TEST ELPT (KLIK DISINI)

MOANA (Management Osteoarthritis Nursing Assessment)

  • By Salwa Az Zahra
  • In Ners News
  • Posted 24 December 2023

NERS NEWS - Kegiatan Project Based Learning (PjBL) dari Kelompok 2 Kelas A1 Angkatan 2021 telah selesai dilakukan pada Sabtu, 16 Desember 2023. Kegiatan dilakukan di Balai RW Surabaya dengan mengusung judul MOANA (Management Osteoarthritis Nursing Assessment). Kegiatan ini dilakukan untuk memenuhi mata kuliah Keperawatan Klien Dewasa Sistem Muskuloskeletal, Integumen, Persepsi Sensori dan Persarafan yang dihadiri langsung oleh dosen pengampu yakni Ibu Ika Nur Pratiwi, S. Kep., Ns., M. Kep.

Proses menuai merupakan salah satu fokus penting dalam melakukan dan menjaga kesehatan untuk mencegah suatu penyakit sehingga dapat dengan mudah dikenali. Salah satu penyakit yang sering terjadi berhubungan dengan sistem muskuloskeletal terkait dengan persendian dan tulang. Secara umum, memang gangguan pada sistem muskuloskeletal tidak dapat dihindari oleh mereka yang sudah berusia dewasa hingga lansia. Gangguan pada sistem ini menyerang mereka dengan kegiatan yang cukup banyak melibatkan persendian dan tulang selama bekerja. Kumpulan gejala yang paling banyak adalah keluhan nyeri pada sendi setelah mereka beraktivitas seharian.

Kegiatan PjBL Keperawatan Klien Dewasa yang dilaksanakan oleh kelompok 2 kelas A1 menorehkan kesan positif bagi banyak pihak. Topik yang diangkat terkait dengan Osteoarthritis mendapatkan banyak perhatian dari peserta. Kegiatan yang dilakukan meliputi senam dan demonstrasi penatalaksanaan nyeri dengan kompres hangat serta terapi relaksasi genggam jari merupakan alternatif pengobatan non-farmakologi yang dapat dilakukan oleh para warga. Kegiatan ini tentunya juga memberikan cek kesehatan gratis meliputi pemeriksaan tonus otot, tekanan darah, dan asam urat. Ilmu terkait osteoarthritis juga diberikan untuk menambah pengetahuan warga.

Melalui kegiatan ini diharapkan dapat mengurangi beberapa permasalahan warga terkait persendian dan tulang yang sering terjadi. Dengan dilaksanakannya kegiatan ini kami berharap kedepannya para warga dapat lebih memperhatikan kesehatannya sehingga proses penyakit dapat dikenali dengan lebih cepat.

 

Penulis: Destria Dais Nurmalita
Editor : Salwa Az Zahra (Airlangga Nursing Journalist)

Pin It
Hits 237

Berita Terbaru