INFORMASI TEST ELPT (KLIK DISINI)

Mahasiswa Keperawatan UNAIR Gelar Aksi Edukasi Pedikulosis: Kutu Rambut Tak Lagi Merajalela di Warga Binaan Liponsos Keputih Surabaya

  • By Salwa Az Zahra
  • In Ners News
  • Posted 25 December 2023

NERS NEWS - Banyaknya keluhan mengenai masalah kesehatan rambut, yakni kutu. Menggerakkan mahasiswa Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga menyelenggarakan promosi kesehatan kepada warga binaan di Dinas Sosial, Surabaya. Kegiatan ini dihelat pada Kamis (21/12/2023) di Liponsos Keputih, Surabaya.

Kegiatan kali ini mengambil judul “Edukasi Pedikulosis dan Putus Mata Rantai Kutu Rambut”. Kegiatan menyasar pada warga binaan dari rentang usia 30 tahun keatas dan dihadiri kurang lebih 25 peserta. Dilakukannya promosi kesehatan pada ibu di Liponsos Keputih ini, karena banyaknya keluhan terkait masalah kutu rambut. Promosi kesehatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan warga binaan di liponsos mengenai menjaga kesehatan rambut dan cara membasmi kutu rambut dengan efektif dan sehat.

Pada kegiatan ini juga dihadiri Bapak Abu Bakar dan Ibu Laily selaku Dosen Pendamping Mahasiswa. Materi yang dipaparkan terkait penyebab kutu rambut dan cara menanganinya. Tidak hanya penyampaian materi melalui PPT saja, namun dilakukan juga demonstrasi secara langsung terkait cara membasmi kutu rambut melalui serit (sisir pembasmi kutu). Terdapat pula ice breaking berupa senam untuk menghilangkan rasa bosan para peserta.

Kegiatan ini disambut dengan antusias oleh warga binaan dan sangat aktif dalam mengikuti kegiatan promosi kesehatan yang diselenggarakan. Pada akhir acara dilakukan pula pengisian kuesioner untuk peserta. Kuesioner ini bertujuan untuk mengetahui apakah peserta ada yang sedang mengalami masalah kutu dan juga cek kesehatan rambut para peserta.

“Semoga panitia bisa mengambil ilmu sebanyak-banyaknya dari PjBL kali ini dan mampu mengimplementasikan ilmu keperawatannya untuk kemaslahatan masyarakat. dan semoga dengan terselenggaranya acara ini dapat menambah wawasan peserta kegiatan dan dapat membantu memutus mata rantai pedikulosis disana”, ungkap harapan Muhammad Nurriyanto selaku ketua pelaksana.

 

Penulis: Metha Salwa Salsabila Latief (Airlangga Nursing Journalist)
Editor : Salwa Az Zahra (Airlangga Nursing Journalist)

Pin It
Hits 238

Berita Terbaru