INFORMASI TEST ELPT (KLIK DISINI)

ISKEMIK: Mahasiswa Keperawatan Angkatan 2021 Galang Kesadaran dan Pencegahan Stroke di Desa Mojo, Surabaya

  • By Salwa Az Zahra
  • In Ners News
  • Posted 25 December 2023

NERS NEWS - Mahasiswa Fakultas Keperawatan Unair Angkatan 2021 kelas A4 dari kelompok 1 telah berhasil melaksanakan kegiatan Project Based Learning (PJBL) dengan topik pembahasan mengenai stroke, kegiatan ini bernama “ISKEMIK (Identifikasi Stroke Sebelum Alami Kecacatan). Kegiatan ini dilakukan secara langsung di lingkungan RT 04/RW 10 Desa Mojo, Kecamatan Gubeng, Surabaya. Kegiatan ini dihadiri oleh warga RT 04 dan para kader PKK RW 10 dengan usia diatas 30 tahun.

Kegiatan ini merupakan serangkaian kegiatan untuk memenuhi tugas akhir di beberapa mata kuliah keperawatan. Rangkaian acara ini berupa penyuluhan kesehatan yang menjelaskan tentang stroke, tanda dan gejala, faktor risiko, dan cara pencegahannya. Selain itu, mahasiswa mengajak partisipan untuk melakukan senam anti stroke. Pelaksanaan kegiatan ini didasarkan pada hasil survey yang menyatakan bahwa beberapa warga di RT/RW tersebut mempunyai riwayat stroke dan beresiko tinggi terkena stroke.

Selama kegiatan ini berlangsung, para partisipan sangat antusias dalam mendengarkan dan mengikuti acara tersebut. Pada sesi diskusi dan tanya jawab, banyak warga yang mengajukan pertanyaan dan juga menceritakan terkait riwayat stroke yang pernah mereka alami. Kegiatan berjalan dengan baik dan lancar, partisipan juga telah memahami materi yang sudah disampaikan. Harapan diadakannya kegiatan ini adalah agar warga RT 04/RW 10 dapat memahami mengenai tanda dan gejala stroke serta pencegahannya, agar nantinya tidak terlambat dalam penanganan penyakit.

 

Penulis : Syifa’atul Qolbiyah
Editor : Salwa Az Zahra (Airlangga Nursing Journalist)

Pin It
Hits 240

Berita Terbaru