INFORMASI TEST ELPT (KLIK DISINI)

Kesehatan dan Keselamatan Kerja: Penyuluhan K3 dalam Pencegahan Akibat Kerja dan Demonstrasi pada Siswa SMK Farmasi Sekesal Hang Tuah Surabaya

  • By Salwa Az Zahra
  • In Ners News
  • Posted 27 December 2023

NERS NEWS - Pada hari Jumat (15/12/2023), kelompok ganjil kelas A1 angkatan 2022 Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga melaksanakan kegiatan Project Based Learning (PJBL) di SMK Farmasi Sekesal Hang Tuah Surabaya. Kegiatan PJBL ini dilaksanakan sesuai rencana pembelajaran semester mata kuliah Keselamatan Pasien dan Kesehatan dan Keselamatan Kerja. Kegiatan KAGETS berupa penyuluhan dan demonstrasi tentang pencegahan kecelakaan akibat kerja.

Berfokus pada K3, PJBL ini bernama KAGETS (K3 Goes To School) yang mengusung tema “Strategi Meningkatkan Kualitas Pengetahuan Siswa SMK tentang K3 dalam Pencegahan Kecelakaan Akibat Kerja”. Kecelakaan kerja merupakan suatu insiden atau kejadian yang tidak diinginkan untuk terjadi, yang dapat merugikan manusia, merusak harta benda atau kerugian terhadap proses. Kegiatan ini diawali dengan pembukaan dan sambutan-sambutan. Sambutan pertama disampaikan oleh Maria Febiola selaku ketua pelaksana KAGETS 2023. Dilanjutkan dengan sambutan dari perwakilan guru SMK Farmasi Sekesal Hang Tuah Surabaya. Penyuluhan berupa materi tentang K3 ini disampaikan dengan menarik dan mendapat perhatian penuh dari para peserta. Para peserta fokus dan aktif bertanya pada sesi tanya jawab.

Pada sesi demonstrasi, pemateri mendemonstrasikan kecelakaan atau kejadian yang tidak diinginkan dan mendemonstrasikan cara menangani apabila terjadi kejadian tersebut. Selanjutnya demonstrasi dilakukan oleh peserta penyuluhan ini. Peserta yang maju sebagai perwakilan untuk demonstrasi ini dapat melakukan demonstrasi dengan baik dan sesuai dengan demonstrasi yang telah dilakukan oleh pemateri. Acara dilanjutkan dengan sesi ice breaking, post-test, serta awarding.

“Acara telah berjalan dengan lancar dan sesuai harapan. Dengan adanya kegiatan penyuluhan tentang K3, khususnya dalam pencegahan kecelakaan akibat kerja ini harapannya bisa memberikan wawasan kepada siswa di SMK Farmasi Sekesal Hang Tuah Surabaya dan saya senang melihat antusiasme dari peserta yang turut memeriahkan dan menyukseskan acara kami,” ungkap Maria Febiola selaku ketua pelaksana.

Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi bekal untuk siswa siswi SMK Farmasi Sekesal Hang Tuah ketika mereka praktik di laboratorium, kerja, dan ketika melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi nantinya.

 

Penulis: Alfina Nurul `Izzah
Editor: Fadiya Rizkyna Asadanie (Airlangga Nursing Journalist)

Pin It
Hits 294

Berita Terbaru