INFORMASI TEST ELPT (KLIK DISINI)

Meningkatkan Pengetahuan Siswa dan Siswi Tentang Deteksi Kanker Payudara Sejak Dini dengan Penyuluhan SADARI di SMK Tri Guna Bhakti Surabaya

  • By Salwa Az Zahra
  • In Ners News
  • Posted 27 December 2023

NERS NEWS - Surabaya, 5 Desember 2023. Dalam upaya meningkatkan kesadaran akan pentingnya deteksi dini kanker payudara, Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga melaksanakan PJBL (Project Base Elearning) penyuluhan SADARI (Pemeriksaan Payudara Sendiri) di SMK Tri Guna Bhakti Surabaya untuk siswa dan siswi. Kegiatan ini bertujuan memberikan informasi yang komprehensif mengenai metode pengenalan dini kanker payudara dan langkah-langkah pencegahannya, memahami materi tentang Pemeriksaan Payudara Sendiri (SADARI) untuk mengetahui manfaat serta tanda dan gejala kanker payudara.

Kegiatan penyuluhan ini diadakan di aula utama SMK Tri Guna Bhakti Surabaya dan dihadiri oleh sebagian siswa-siswi dan guru. Pemateri yang memimpin sesi penyuluhan ini berasal dari mahasiswa Fakultas Keperawatan Unair, mereka membahas secara komprehensif mengenai edukasi dan teknik SADARI, yaitu metode pemeriksaan payudara secara mandiri yang dapat dilakukan oleh perempuan maupun laki-laki untuk mendeteksi adanya perubahan atau kelainan pada payudara.

Humas SMK Tri Guna Bhakti, Bapak Indro, menyampaikan bahwa kegiatan penyuluhan ini sejalan dengan komitmen sekolah dalam memberikan pendidikan holistik yang mencakup aspek kesehatan. "Kesehatan adalah aspek penting dalam pembentukan karakter siswa. Melalui penyuluhan ini, kami berharap siswa dapat lebih peduli terhadap kesehatan diri sendiri dan mampu melakukan tindakan preventif," ujar Bapak Indro.

Para siswa pun tampak antusias mengikuti penyuluhan ini. Mereka diajak untuk memahami tanda dan gejala-gejala awal, pencegahan, fun fact kanker payudara, serta diberikan informasi tentang bagaimana melakukan pemeriksaan sendiri secara rutin. Selain itu, para siswa juga dapat bertanya langsung kepada pemateri untuk memperoleh pemahaman yang lebih mendalam. "Kegiatan seperti ini sangat bermanfaat bagi kami sebagai siswa. Terkadang kita lupa atau malu untuk membicarakan masalah kesehatan, tetapi dengan adanya penyuluhan ini, kami menjadi lebih tahu dan siap melakukan pencegahan dengan lebih baik," ungkap Yohanes, Ketua Pelaksana PJBL Kespro.

Adanya acara PJBL ini diharapkan kegiatan seperti ini dapat memberikan dampak positif dalam peningkatan kesadaran kesehatan masyarakat di lingkungan sekolah. Melalui pengetahuan yang diperoleh, diharapkan para siswa dan siswi dapat menjadi agen perubahan yang memperjuangkan kesehatan Perempuan maupun laki-laki, terutama dalam upaya pencegahan kanker payudara. Harapan selanjutnya bagi kami agar pemberian penyuluhan ini dapat memberi manfaat dan dapat diterapkan oleh anak-anak dalam kehidupan sehari-hari.

 

Penulis : Dinatur Rofifah
Editor : Salwa Az Zahra (Airlangga Nursing Journalist)

Pin It
Hits 274

Berita Terbaru