INFORMASI TEST ELPT (KLIK DISINI)

Upaya Preventif Cegah Kebakaran dengan Siswa SMAN 19 Surabaya, Mahasiswa FKp Adakan PJBL GERTAK (Gerakan Tanggap Bencana Kebakaran)

  • By Salwa Az Zahra
  • In Ners News
  • Posted 27 December 2023

NERS NEWS - Kejadian kebakaran yang merupakan bencana non-alam perlu menjadi perhatian di kehidupan bermasyarakat, khususnya wilayah perkotaan seperti Kota Surabaya. Menurut Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Surabaya, Dedik Irianto, kejadian kebakaran di kota Surabaya mengalami peningkatan karena dampak dari fenomena El Nino dan faktor kelalaian manusia seperti pembakaran sampah dan ilalang serta korsleting listrik. Seluruh masyarakat hendaknya perlu menyadari dan memahami upaya pencegahan dan penanganan kebakaran, termasuk di lingkungan sekolah. Hal tersebut menjadi latar belakang terselenggaranya kegiatan PJBL Keperawatan Bencana oleh Mahasiswa Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga Angkatan 2020.

Kegiatan dilaksanakan pada Senin, 18 Desember 2023 di Aula SMAN 19 Surabaya dengan dihadiri 2 dosen keperawatan bencana dari Fakultas Keperawatan Unair, 6 orang Pemadam Kebakaran dari Pusat Surabaya, 42 siswa, dan para panitia yang merupakan mahasiswa keperawatan. Kegiatan PJBL Keperawatan Bencana yang mengusung tema GERTAK (Gerakan Tanggap Bencana Kebakaran) kali ini mendapat respon baik dari pihak sekolahan.

Dalam pelaksanaannya, terdapat hal yang berbeda dari kegiatan PJBL lain. Jika biasanya pemateri PJBL dari mahasiswa sendiri, kali ini pemateri berasal dari Dinas Pemadam Kebakaran Pusat yaitu Bapak Mudir. Selain itu, peserta tidak hanya mendapatkan edukasi tetapi juga terdapat sesi simulasi penanganan kebakaran secara langsung. Selama acara berlangsung, peserta kegiatan sangat antusias, dibuktikan dengan beberapa siswa yang bertanya sehingga acara berlangsung dengan lancar.

Sabela Ayu Angelina selaku penanggung jawab Gertak 2023 dan perwakilan panitia berharap bahwa materi yang diberikan kepada peserta dapat menjadi bekal yang bermanfaat untuk kedepannya. Selain itu, Gertak 2023 ini diharapkan dapat menumbuhkan kepekaan dan keberanian jika ada kebakaran terjadi sewaktu-waktu, kapanpun dan dimanapun berada langsung sigap tanggap dan bisa berani memadamkan kebakaran.

 

Penulis: Iin Maliah, Ikhlasul Amalia, Sabrina Caesarerawati
Editor : Salwa Az Zahra (Airlangga Nursing Journalist)

Pin It
Hits 285

Berita Terbaru