INFORMASI TEST ELPT (KLIK DISINI)

Mahasiswa Fakultas Keperawatan Unair Melakukan Penyuluhan MEDITIRINA “Mari Cegah Diabetes Mellitus dan Hipertensi Bersama Komunitas Lansia”

  • By Salwa Az Zahra
  • In Ners News
  • Posted 27 December 2023

NERS NEWS - Tujuh dari sepuluh penyebab kematian utama saat ini disebabkan oleh Penyakit Tidak Menular (PTM). Salah satu penyakit tidak menular terbanyak yang diderita masyarakat adalah Diabetes Mellitus dan Hipertensi, khususnya pada masyarakat lansia. Faktor-faktor penyebab DM dan hipertensi meliputi riwayat kesehatan keluarga, gaya hidup yang tidak aktif, usia lanjut, kegemukan, kebiasaan merokok, serta faktor stres. Sebagai upaya mengurangi risiko tersebut, mahasiswa kelompok 4 dan 5 kelas A3/2021 Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga berkolaborasi dengan Ketua RT 4/ RW 2 Gubeng Jaya 2Ka melakukan penyuluhan kesehatan dengan memberikan edukasi dan skills sessions pada komunitas lansia di wilayah tersebut. Penyuluhan kesehatan ini diselenggarakan pada Sabtu, 23 Desember 2023 di Gubeng Jaya 2Ka RT 4/ RW 2, Kelurahan Gubeng, Surabaya, Jawa Timur.

Penyuluhan kesehatan ini mengangkat tema MEDITRINA “Mari Cegah Diabetes Mellitus dan Hipertensi Bersama Komunitas Lansia” dengan sasaran para lansia. Kegiatan dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan dilanjut penyampaian sambutan oleh ketua pelaksana dan ketua RT 4/ RW 2 Gubeng Jaya 2Ka. Selanjutnya peserta mengisi pre-test yang dilanjutkan oleh sesi penyampaian materi mengenai konsep penyakit Diabetes Mellitus dan Hipertensi. Penyampaian materi dilakukan dalam dua sesi yang disampaikan oleh perwakilan mahasiswa sesuai dengan arahan Bapak Ferry Efendi, S.Kep., Ns., M.Sc., PhD selaku dosen penanggung jawab kegiatan Project Based Learning (PjBL) Mata Kuliah Keperawatan Agregat Komunitas.

Kegiatan dilanjutkan dengan skills sessions pengukuran tekanan darah dan pemeriksaan kadar gula darah acak untuk mengetahui status kesehatan para lansia di wilayah Gubeng Jaya 2Ka RT 4/ RW 2. Pengukuran tekanan darah dan pemeriksaan kadar gula darah acak juga dilakukan oleh perwakilan mahasiswa sebagai upaya screening kesehatan bagi masyarakat. Para peserta terlihat bersemangat dalam melakukan pemeriksaan dan antusias dalam menanyakan solusi yang perlu dilakukannya. “Saya pribadi jarang sekali melakukan pemeriksaan tekanan darah maupun gula darah, jadi dengan adanya kegiatan ini sangat membantu sekali” ungkap Ibu S (23/12/2023).

Acara ditutup dengan pengisian post-test. Dari hasil post-test menunjukkan adanya peningkatan skor pengetahuan sehingga dapat disimpulkan bahwa peserta sudah memahami materi yang telah disampaikan. Banyak respon positif dari para peserta yang mengikuti kegiatan ini. Para peserta sangat interaktif dan kooperatif dalam mendengarkan materi edukasi dan serangkaian kegiatan lainnya. Selanjutnya, panitia yang diwakilkan oleh ketua pelaksana menyerahkan plakat kepada Ketua RT 4/ RW 2 Gubeng Jaya 2Ka sebagai kenang-kenangan dan ucapan terima kasih karena telah diperkenankan untuk menyelenggarakan kegiatan tersebut. Terakhir, seluruh panitia dan peserta melakukan sesi foto bersama.

Harapannya setelah terlaksananya kegiatan ini dapat meningkatkan pengetahuan, kualitas kesehatan, peningkatan kemampuan dan keterampilan bagi para lansia dalam penatalaksanaan dan pencegahan penyakit Diabetes Mellitus dan Hipertensi sehingga mampu mengurangi risiko penyakit tersebut.

 

Penulis : Novi Nur Inayah
Editor : Salwa Az Zahra (Airlangga Nursing Journalist)

Pin It
Hits 278

Berita Terbaru