INFORMASI TEST ELPT (KLIK DISINI)

Mahasiswa Kelas A3/2021 Keperawatan Unair Sukses Gelar Aksi Edukasi Penanganan Nyeri Menstruasi “SI PERI” di SMKN 10 Surabaya

  • By Salwa Az Zahra
  • In Ners News
  • Posted 27 December 2023

NERS NEWS - Mahasiswa Keperawatan Unair kelas A3 angkatan 2021 sukses menggelar aksi “Edukasi Penanganan Nyeri Menstruasi” (Si Peri) sebagai bentuk kegiatan Project Based Learning (PjBL) mata kuliah Keperawatan Kesehatan Reproduksi. Kegiatan ini diselenggarakan pada Selasa (04/12/23) di SMKN 10 Surabaya. Kegiatan ini juga turut dihadiri oleh Ibu Tiyas Kusumaningrum, S.Kep., Ns., M.Kep. selaku dosen pendamping.

Peserta yang hadir dalam kegiatan ini berjumlah kurang lebih 60 orang yang merupakan siswi SMKN 10 Surabaya dari berbagai jurusan. Edukasi kesehatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dan meningkatkan pengetahuan terkait dismenore (nyeri haid) yang seringkali dialami oleh remaja perempuan pada saat memasuki waktu haid atau menstruasi sehingga menimbulkan rasa tidak nyaman dan mengganggu aktivitas sehari-hari.

Materi yang dipaparkan membahas terkait definisi, klasifikasi, faktor risiko, gejala yang ditimbulkan, mitos dan fakta, hingga cara mengatasi apabila timbul nyeri haid. Selain penyampaian materi melalui PPT, juga terdapat demonstrasi secara langsung terkait teknik relaksasi napas dalam untuk meredakan nyeri. Terdapat pula games tebak kalimat untuk menghilangkan rasa bosan para peserta dan sebagai penghibur suasana.

Para peserta sangat antusias dan aktif dalam mengikuti kegiatan, hal ini terbukti ketika sesi tanya jawab banyak yang mengajukan pertanyaan. Kegiatan ini berjalan dengan baik dan lancar dari awal hingga akhir. Peserta juga telah memahami materi yang telah disampaikan, hal ini dapat dilihat dari hasil post-test yang telah mereka kerjakan. Pada akhir kegiatan, terdapat sesi dokumentasi bersama para peserta dan dosen pendamping sekaligus cek kesehatan gratis. Semoga dengan terselenggaranya kegiatan ini, para peserta dapat menjadi lebih paham terkait cara-cara mengatasi nyeri haid (dismenore).

 

Penulis : Revina Dwi Rahmawati
Editor : Salwa Az Zahra (Airlangga Nursing Journalist)

Pin It
Hits 272

Berita Terbaru