INFORMASI TEST ELPT (KLIK DISINI)

Mahasiswa FKp Unair Menyelenggarakan Sosialisasi di SMAN 17 Surabaya

  • By Salwa Az Zahra
  • In Ners News
  • Posted 29 December 2023

NERS NEWS - Program PJBL (Project Based Learning) ditujukan untuk mahasiswa Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga. Masa remaja merupakan masa pertumbuhan dan perkembangan baik fisik, psikis, dan intelektual. Berdasarkan beberapa hasil penelitian, hipertensi dapat muncul sejak remaja dan prevalensinya mengalami peningkatan selama beberapa dekade terakhir, namun banyak yang belum menyadari sehingga menjadi penyebab munculnya hipertensi pada usia dewasa dan lansia. Status gizi berperan penting pada terjadinya masalah hipertensi remaja.

Hipertensi pada remaja banyak ditemukan pada kelompok yang memiliki status gizi gemuk (overweight) dan obesitas. Faktor gaya hidup seperti durasi tidur yang kurang, peningkatan stres, dan rendahnya aktivitas fisik juga turut membawa pengaruh pada kejadian hipertensi remaja. Sehingga, diperlukan suatu pencegahan agar tingkat kasus hipertensi tidak meningkat. Perilaku pencegahan suatu penyakit tidak bisa dilepaskan dengan adanya informasi yang diterima oleh individu mengenai penyakit tersebut. Oleh karena itu, sasaran program PJBL adalah Siswa dan Siswi SMA yang juga rentan terkena penyakit Hipertensi.

Pelaksanaan kegiatan ini berlangsung pada hari Rabu, 6 Desember 2023 secara offline di Aula Mushola SMAN 17 Surabaya dengan judul “GEMAR: Generasi Muda Anti Hipertensi”. Acara diawali dengan pemeriksaan tekanan darah siswa dan siswi kelas 11 IPA 5 dan 11 IPA 6, lalu pembukaan acara di Aula oleh MC pada pukul 10.00 WIB, kemudian sambutan dari dosen mata kuliah Keperawatan Klien Dewasa Sistem Respirasi, Kardiovaskuler, dan Hematologi dan sambutan dari Wakil Kepala Sekolah Bidang Humas SMAN 17 Surabaya, dilanjutkan dengan pemaparan materi, kemudian diskusi dan tanya jawab, serta diakhiri dengan penutup dari MC.

Pada hari pelaksanaan sosialisasi, akan dilakukan presensi bagi peserta dan panitia yang hadir dalam kegiatan tersebut. Sebelum kegiatan pemaparan materi, dilakukan pre-test dan pembagian leaflet yang berisi tentang informasi singkat mengenai penyakit hipertensi. Kegiatan sosialisasi dilakukan secara interaktif dengan mengajak peserta untuk selalu aktif dalam kegiatan pemaparan materi supaya tidak terkesan memberikan kebosanan. Materi disampaikan dengan bahasa yang mudah dipahami sehingga peserta dapat dengan mudah menerima dan memahami materi yang telah dipaparkan terkait dengan penyakit hipertensi.

Pada sesi akhir pemaparan materi, dilakukan post-test untuk mengetahui tingkat pemahaman materi peserta setelah dilakukan sosialisasi. Peserta yang aktif dalam sesi tanya jawab atau diskusi akan diberikan reward dari panitia sebagai bentuk apresiasi dan harapannya bisa menambah semangat peserta dalam mengikuti acara. Di akhir acara, MC memberikan kesimpulan dan juga feedback dari para peserta mengenai pemahaman terkait materi yang telah disampaikan. Kemudian acara sosialisasi ditutup oleh MC.

Dengan berlangsungnya acara ini, kami berharap pengetahuan dan pemahaman peserta terkait penyakit hipertensi dapat meningkat dan selalu waspada terhadap tanda dan gejala yang timbul terkait dengan penyakit hipertensi.

 

Penulis: Ilma Amalia Kartika
Editor : Salwa Az Zahra (Airlangga Nursing Journalist)

Pin It
Hits 268

Berita Terbaru