INFORMASI TEST ELPT (KLIK DISINI)

Staff Inbound Delegasi dari Negara Finlandia dan Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga di Panti Griya Werda Jambangan Surabaya

  • By Salwa Az Zahra
  • In Ners News
  • Posted 29 December 2023

NERS NEWS - Pada tahun 2050, jumlah penduduk lanjut usia di seluruh dunia diperkirakan akan melebihi jumlah anak di bawah usia 15 tahun. Kenyataan ini memaksa kita untuk memperbaiki dunia kita guna memberikan kehidupan yang lebih baik bagi para lansia. Finlandia dan Swedia merupakan dua contoh negara yang terbaik dalam hal merawat warganya yang sudah masuk kategori lanjut usia. Kedua negara ini secara konsisten menempati peringkat 10 besar negara dengan penghormatan tertinggi terhadap lansia. Menurut CEO Magazine pada tahun 2020, Finlandia menduduki puncak daftar kategori sebagai negara yang paling perhatian kepada lansia. Peringkat ini mengukuhkan predikat Finlandia sebagai salah satu negara dengan sistem pendidikan terbaik, serta negara dengan kesehatan mental terbaik dan masyarakat paling bahagia.

Pada hari Senin, 22 Mei 2023, Panti Werda Jambangan Surabaya kedatangan tamu istimewa yang berasal dari negara Finlandia, tepatnya dari Metropolitan University dan Karelia University Finlandia. Beliau merupakan Prof Aija Ahokas. RN., MN dari Metropolia University, Eija Raatikeinen. RN., MN., PhD dari Metropolia University, dan Prof Kirsi Tanskanen dari Karelia University.

Para tamu kehormatan ini datang bersama dosen Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga yakni Pak Risky dan Bu Silvia sebagai PJMK Keperawatan Gerontik serta Duta Keperawatan Unair. Kunjungan ini merupakan lanjutan dari Staff Inbound antara Metropolitan University Finlandia, Karelia University Finlandia bersama Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga di Surbaya. Para tamu disambut dengan baik dan penuh ceria oleh staff maupun lansia yang berada di panti. Senyum tawa bahagia dan penuh haru dirasakan oleh semua orang yang berada disana, termasuk lansia yang sebagian mengatakan baru melihat bule atau orang asing datang ke Panti Werda Jambangan. Suasana riang dan gembira karena bertepatan dengan kegiatan rutin senam lansia, para delegasi ikut terbawa suasana dan ikut menari bersama para lansia.

Kunjungan dilanjutkan dengan melihat beberapa ruangan di Panti Wreda. Prof Aija dan Prof Kirsi sempat takjub dan tertarik perhatiannya kepada salah satu lansia yang memiliki kemampuan untuk merajut. Beliau melihat beberapa hasil rajutan tangan berupa kaos kaki bayi, topi, dompet yang sudah dibuat oleh ibu yang bernama Hartiningsih ini.

Pada hari itu penulis juga berkesempatan untuk berinteraksi serta berkomunikasi dengan salah satu delegasi yakni Eija Raatikeinen. RN., MN., PhD dari Metropolia University terkait maksud kedatangan beliau bertiga serta harapan dan saran terhadap Panti Werda Jambangan.

Terima Kasih kepada semua Staff Panti Wreda Jambangan Surabaya

Sungguh Pengalaman yang luar biasa dan menginspirasi

Semoga bermanfaat

 

Penulis: Bambang Priyono, S.Kep
Editor: Fadiya Rizkyna Asadanie (Airlangga Nursing Journalist)

Pin It
Hits 291

Berita Terbaru