INFORMASI TEST ELPT (KLIK DISINI)

Penyuluhan Terkait Nutrisi pada Pasien TB di Ruang Poli Tb-Dots RSUA

  • By Salwa Az Zahra
  • In Ners News
  • Posted 29 December 2023

NERS NEWS - Penyakit Tuberculosis Paru (TB Paru) sampai saat ini masih menjadi masalah utama kesehatan masyarakat Indonesia. Berdasarkan hasil Survei Kesehatan Rumah Tangga (SKRT) menunjukkan bahwa tuberkulosis merupakan penyebab kematian ketiga setelah penyakit kardiovaskuler dan penyakit saluran pernapasan serta menempati nomor satu golongan penyakit infeksi. Menurut organisasi kesehatan dunia (WHO), sepertiga populasi dunia diperkirakan terinfeksi Mycobacterium Tuberculosis. Pasien TB Paru seringkali mengalami penurunan status gizi, bahkan dapat menjadi malnutrisi bila tidak diimbangi dengan diet yang tepat.

Upaya untuk mengatasi masalah tersebut kelompok 8 Program Studi Pendidikan Profesi Ners (P3N) Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga melakukan penyuluhan terhadap pasien TB yang berkunjung ke poli TB-DOTS RSUA terkait “Nutrisi Pada Pasien TB”. Tujuan dari penyuluhan ini yaitu peserta penyuluhan mampu mengetahui, memahami, dan menerapkan konsumsi nutrisi yang baik bagi tubuh guna meningkatkan sistem imun agar dapat mempercepat proses penyembuhan dari TB. Pengetahuan yang meningkat akan mencegah terjadinya masalah seperti malnutrisi, penurunan imun tubuh, proses penyembuhan yang lama dan lain-lain.

Acara penyuluhan dilaksanakan pada hari Jum’at, 29 September 2023 pukul 09.00 WIB di ruang tunggu poli TB-DOTS RSUA dan dihadiri oleh 15 orang yang sedang mengantri giliran kontrol. Kegiatan ini dilakukan oleh mahasiswa Program Studi Pendidikan Profesi Ners (P3N) Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga yang didampingi oleh Ners Candra. Acara penyuluhan dimulai sesuai dengan waktu yang telah direncanakan. Peserta tampak antusias mengikuti penyuluhan yang dilaksanakan. Setelah diberikan penyuluhan para peserta dapat menyebutkan apa saja nutrisi yang baik bagi tubuh dan termotivasi dalam meningkatkan asupan nutrisi yang baik bagi tubuh.

 

Penulis: Mina Imroatus Sholihah
Editor : Salwa Az Zahra (Airlangga Nursing Journalist)

Pin It
Hits 324

Berita Terbaru