INFORMASI TEST ELPT (KLIK DISINI)

Pembuatan Taplak Ikat Celup dari BERSEMI 2023: Mengembangkan Antusiasme, Tingkatkan Kualitas Hidup Lansia

  • By Salwa Az Zahra
  • In Ners News
  • Posted 30 December 2023

NERS NEWS - Mahasiswa kelompok 1 kelas A3 Angkatan 2021 Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga telah menggelar kegiatan bakti sosial yang dilaksanakan di UPTD Kalijudan dengan sasarannya adalah lansia. Kegiatan ini berjudul “BERSEMI: Berkolaborasi dan Saling Mengasihi”. Dilaksanakan pada hari Senin, 18 Desember 2023. Kegiatan bakti sosial ini merupakan kolaborasi antara kelompok 1 dan kelompok 2 kelas A3 dengan kegiatan yang berbeda namun tetap satu tema dan satu sasaran. Pelaksanaan kegiatan ini merupakan implementasi Project Based Learning (PJBL) Mata Kuliah Keperawatan Menjelang Ajal dan Paliatif.

Kegiatan kami yang berjudul “BERSEMI” terdiri dari serangkaian kegiatan seperti pembuatan taplak motif ikat celup dan doa bersama. Dalam kegiatan ini kami mengajak para lansia UPTD Kalijudan untuk bisa melakukan aktivitas yang dapat meningkatkan kualitas hidup baik dari aspek fisik, psikologis, maupun spiritual. Antusias para lansia UPTD Kalijudan semakin meningkat saat pembuatan taplak ikat celup. Salah satu lansia mengatakan bahwa kegiatan pembuatan taplak ikat celup merupakan hal yang baru bagi mereka. Kegiatan berlangsung dengan sangat lancar dan penuh kegembiraan. Peserta menyampaikan bahwa rangkaian kegiatan yang dilakukan membawa dampak positif bagi lansia di UPTD Kalijudan.

Dampak positif dari PjBL yang telah dilaksanakan adalah kegiatan tersebut dapat meningkatkan kualitas hidup lansia dengan adanya keseruan pembuatan taplak ikat celup. Hal tersebut dapat berpengaruh pada kesehatan mental para lansia. Doa bersama juga dilakukan dengan tujuan menjaga kesehatan spiritual para lansia. Bukan hanya meningkatkan kesehatan fisik tetapi kegiatan yang kami lakukan dapat berdampak positif pada kesehatan mental dan spiritual para lansia. Para lansia tersebut merasakan hal positif dari kegiatan yang diadakan. Hal tersebut dapat mendorong keberlanjutan program yang serupa.

Hasil akhir yang didapatkan setelah terlaksananya kegiatan ini adalah para lansia terlihat antusias dan bersemangat, khususnya pada saat pembuatan taplak ikat celup. Namun ada salah satu hal yang menjadi perhatian yakni, pada saat sharing session dimana para lansia di UPTD Kalijudan terlihat sangat antusias dengan kedatangan kami pada saat itu dimana mereka mempunyai teman untuk bercerita atau sharing tentang semua keluh kesah yang mereka alami di masa muda maupun tua. Sebagai mahasiswa kami banyak mendapatkan masukan dan bimbingan dari para lansia, yang kami harapkan adalah para lansia di UPTD Kalijudan bisa lebih mendapatkan perhatian dalam bentuk kunjungan dari pemerintah, masyarakat maupun mahasiswa/i sekitar.

Dengan harapan dapat memaksimalkan kualitas hidup dari para lansia yang berada di UPTD kalijudan, memberikan mereka tempat untuk berkeluh kesah dan memanfaatkan sisa waktu yang ada dengan kegiatan yang berkualitas. Juga meningkatkan semangat mereka untuk menjalani kehidupan, sehingga tidak ada lagi rasa cemas. Harapan lain agar pemerintah setempat lebih memperhatikan lagi tentang kesehatan fisik maupun mental para lansia.

 

Penulis : Lovita Angeli
Editor : Salwa Az Zahra (Airlangga Nursing Journalist)

Pin It
Hits 299

Berita Terbaru