INFORMASI TEST ELPT (KLIK DISINI)

Cuplikan Kegiatan Profesi Ners Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga

  • By Salwa Az Zahra
  • In Ners News
  • Posted 30 December 2023

NERS NEWS - Profesi Ners merupakan program profesi bagi mahasiswa pembunuhan yang telah menyelesaikan gelar Sarjana Keperawatan (S1 Keperawatan). Program ini bertujuan untuk mempersiapkan mahasiswa menjadi perawat profesional yang mampu menjalankan fungsi dan peran perawat juga sebagai bentuk lanjutan dari tahap pendidikan akademik, dirancang untuk diselesaikan dalam 1 tahun atau 2 semester dengan minimal 36 SKS. Setelah menyelesaikan program Profesi Ners, mahasiswa diberikan gelar Ners (Ns), yang memungkinkan mereka bekerja sebagai perawat baik di institusi negeri maupun swasta (Bhakti, 2023). Dalam Profesi Ners akan melewati beberapa stase yakni keperawatan dasar, keperawatan medikal bedah, keperawatan jiwa, keperawatan anak, keperawatan maternitas, keperawatan gerontik, keperawatan komunitas/keluarga, keperawatan gawat darurat/kritis, dan manajemen keperawatan serta melakukan pembuatan tugas akhir yang disebut KIA (Karya Ilmiah Akhir) sebagai bentuk pengasuhan yang mencakup teori dan praktik.

Kegiatan Program Studi Pendidikan Profesi Ners (P3N) Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga tidak hanya belajar mengenai asuhan keperawatan salah satunya penyuluhan yang bertujuan untuk memberikan pendidikan kesehatan terkait permasalahan yang ada di ruangan dengan peserta berisi pasien juga keluarga bila memang ada, penyuluhan ini dilakukan seminggu sekali guna meningkatkan pengetahuan perawatan ataupun suatu bentuk pencegahan agar meminimalisir terjadinya kasus penyakit yang terjangkit. Proses pembuatan penyuluhan harus mengikuti alur yakni menentukan topik, berkonsultasi dengan pembimbing akademik maupun pembimbing klinik lalu menentukan jadwal serta kontrak waktu dengan peserta.

Penyuluhan merupakan sebuah pengalaman yang menyenangkan karena bisa saling berbagi ilmu dan pengalaman dengan peserta sehingga dapat terjalin hubungan yang baik serta tentunya menciptakan suasana yang harmonis. Tak hanya itu ada satu kegiatan lagi yang mungkin membuat profesi ners ini menjadi sedikit tegang yang sering disebut "responsi" atas pemberian sebelum atau sesudah intervensi mengasuh anak atau nama lainnya "precon" dan "postcon" momen yang bisa disebut akan diingat karena selalu diadakan di awal minggu juga akhir minggu. Jadi bagaimana nih pendapat viewer terhadap Profesi Ners? menyenangkan bukan karena merupakan kegiatan mulia serta mendapatkan ilmu langsung dari klien.

 

Penulis : Firda Yasmin Muntaz
Editor : Salwa Az Zahra (Wartawan Keperawatan Airlangga)

Pin It
Hits 272

Berita Terbaru