INFORMASI TEST ELPT (KLIK DISINI)

Pencegahan pada Pasien CKD dengan Hiperkalemia

  • By Salwa Az Zahra
  • In Ners News
  • Posted 30 December 2023

NERS NEWS - Kegiatan PKRS (Penyuluhan Kesehatan Rumah Sakit) yang dilakukan oleh mahasiswa Program Studi Profesi Ners (P3N) Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga kelompok 10 Stase KMB di ruang rawat inap IRNA 6 Rumah Sakit Universitas Airlangga dengan tema “Pencegahan Pada Pasien Ckd Dengan Hiperkalemia” telah dilaksanakan dengan lancar pada hari Kamis 19 Oktober 2023, dengan pembimbing akademik ibu Ika Nur Pratiwi, S.Kep., Ns. M.Kep dan ibu Rahmatul Fitriyah, S.Kep., Ns. M.Kep selaku pembimbing klinik. Kegiatan PKRS dilaksanakan pada pukul 09.00 WIB dengan moderator Yuliani, dan pemateri oleh Zulfa yang didampingi oleh pembimbing klinik yang sedang bertugas, serta anggota kelompok yang lain berperan menjadi fasilitator untuk peserta PKRS, fasilitator diantaranya adalah Widya, Tia, Naufal, nurul, Enka, Nisa, Dinda, dan Laila.

Kegiatan PKRS merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan mahasiswa Profesi Ners untuk memenuhi kompetensi sebagai Ners. Chronic Kidney Disease atau Penyakit Ginjal Kronis (PGK) merupakan proses patofisiologis dengan etiologi yang beragam, mengakibatkan penurunan fungsi ginjal yang progresif, dan umumnya berakhir dengan gagal ginjal. The Kidney Disease Outcomes Quality Initiative (K/DOQI) of the National Kidney Foundation (NKF) mendefinisikan Chronic Kidney Disease sebagai kerusakan ginjal secara struktural atau fungsional yang berlangsung dalam waktu > 3 bulan, atau tingkat penurunan Laju Filtrasi Glomerulus (LFG) kurang dari 60 mL/menit/1.73 m² dalam waktu ≥3 bulan yang dengan atau tanpa kerusakan struktur ginjal.

Hiperkalemia adalah masalah klinis yang umum dengan konsekuensi yang berpotensi fatal. Prevalensi hiperkalemia meningkat, sebagian disebabkan oleh penggunaan obat-obatan yang bermanfaat secara prognostik dalam skala besar yang menghambat sistem renin-angiotensin-aldosteron (RAASi). Penyakit ginjal kronis (CKD) adalah salah satu dari banyak faktor risiko dan hubungannya dengan hiperkalemia. Penurunan ekskresi kalium urin yang terjadi pada CKD dapat menyebabkan ketidakmampuan mempertahankan homeostatis kalium. Oleh karena itu perlu dilakukan pencegahan dan penangan yang tepat mengenai hiperkalemia pada pasien dengan Chronic Kidney Disease (CKD).

 

Penulis : Yuliani Agustin
Editor : Salwa Az Zahra (Airlangga Nursing Journalist)

Pin It
Hits 295

Berita Terbaru