INFORMASI TEST ELPT (KLIK DISINI)

Manajemen Stres di Poli Rawat Jalan Rumah Sakit Jiwa Menur Surabaya

  • By Salwa Az Zahra
  • In Ners News
  • Posted 30 December 2023

NERS NEWS - Mahasiswa Profesi Ners Kelompok 1 Stase Keperawatan Jiwa Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga berhasil menyelenggarakan PKRS dengan topik “Manajemen Stres” pada Rabu, 15 November 2023 pukul 07.00 WIB. Kegiatan ini dilaksanakan secara langsung di ruang tunggu Poli Rawat Jalan Rumah Sakit Jiwa Menur Surabaya dengan sasaran pasien yang sedang kontrol dan keluarga pasien yang mendampinginya. Tujuan diadakan penyuluhan ini adalah untuk memberikan pendidikan kepada pasien dan keluarga pasien terkait bagaimana cara mengatasi stres dalam menghadapi kehidupan.

Stres merupakan respon tubuh individu terhadap tekanan dan tuntutan yang ada. Stres membuat tubuh untuk memproduksi hormon adrenalin yang berfungsi untuk mempertahankan diri, Stres merupakan bagian dari kehidupan manusia. Stres yang ringan berguna dan dapat memacu seseorang untuk berpikir dan berusaha lebih berpikir dan berusaha lebih cepat dan keras sehingga dapat menjawab tantangan hidup sehari-hari. Stres ringan bisa merangsang dan memberikan rasa lebih bergairah dalam kehidupan yang biasanya membosankan dan rutin. Namun stres yang terlalu banyak dan berkelanjutan, bila tidak ditanggulangi, akan berbahaya bagi kesehatan (Ardiansyah, 2022).

Kelompok kami sengaja mengambil topik ini karena masih banyak pasien dan keluarga pasien yang belum bisa mengontrol stres pada dirinya sehingga penting untuk dilakukan kegiatan penyuluhan ini. Pemateri menyampaikan manajemen stres mulai dari definisi stres, penyebab stres, tanda dan gejala stres, dampak stres, hingga cara mengelola stres. Cara untuk mengelola stres adalah bicarakan keluhan dengan seseorang yang dapat dipercaya, melakukan hobi atau kegiatan yang disenangi, meningkatkan ibadah kepada Tuhan, berpikir positif, olahraga, dan istirahat yang cukup. Dukungan dari keluarga juga sangat penting dalam mengatasi stres baik itu berupa dukungan informasi, instrumental, emosional, maupun penghargaan. Dengan adanya dukungan dari keluarga yang merupakan orang terdekat dari pasien akan membuat pasien tidak merasa sendirian dan ada yang menjadi tempat cerita sehingga seseorang tidak akan merasa stres.

Penyuluhan berjalan dengan lancar dan partisipan terlihat antusias dalam mengikuti kegiatan tersebut. Hal ini dibuktikan dengan aktifnya partisipan dalam memberikan pertanyaan. Siti Winarni, S.Kep,Ns. selaku pembimbing klinik turut menambahkan penguatan materi dan informasi mengenai manajemen stres untuk peserta kegiatan penyuluhan.

 

Penulis : Chintya Dwi Putri Salsabila
Editor : Salwa Az Zahra (Airlangga Nursing Journalist)

Pin It
Hits 399

Berita Terbaru