INFORMASI TEST ELPT (KLIK DISINI)

PjBL Agregat Komunitas Kelompok 2 Kelas A3

  • By Salwa Az Zahra
  • In Ners News
  • Posted 31 December 2023

NERS NEWS - Keperawatan Universitas Airlangga baru saja melaksanakan program kerja yaitu PjBL atau Project Based Learning. PjBL ini merupakan kegiatan penyuluhan sebagai bentuk peringatan Pencegahan Risiko Terinfeksi Kanker Serviks. Melihat tingginya kasus Kanker Serviks khususnya pada masyarakat di dunia dan Indonesia, maka untuk menanggulangi hal tersebut penting dilakukan tindakan pencegahan. Tindakan pencegahan dapat dimulai sedini mungkin mengurangi faktor risiko terjadinya kanker serviks. Oleh karena itu, kami dari kelompok 2 kelas A3 mata kuliah Keperawatan Agregat Komunitas mengadakan sebuah penyuluhan promosi kesehatan yang terkait dengan Pelayanan Kanker kepada para Mahasiswi Universitas Airlangga.

Pada kegiatan ini, kami mengadakan sosialisasi penyuluhan dengan pemaparan materi seputar Kanker Serviks serta pencegahannya dan pembekuan menjaga kebersihan Miss V (organ intim wanita) dengan tepat. Kegiatan dilakukan dengan serangkaian acara dimulai dari registrasi peserta, dilanjutkan dengan pembukaan, lalu menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Hymne Airlangga serta adanya Berbagai-sambutan. Dikarenakan kelompok 2 mengadakan penyuluhan, maka sebelum sesi menyampaikan materi, peserta dipersilahkan untuk mengerjakan pre-test untuk mengetahui perbedaan tingkat pemahaman sebelum menerima materi tersebut. Setelah pengisian pre-test dilanjutkan pada sesi pemaparan materi dan dilanjut dengan sesi tanya jawab serta pemaksaan kesadaran dan proteksi, lalu pengisian post-test untuk mengetahui seberapa paham peserta menerima materi yang telah disampaikan.

Selain pemaparan materi dan pemaparan, kelompok juga mengadakan permainan untuk refreshing sehingga peserta dapat menikmati selama kegiatan. Setelah pertandingan selesai, MC mengumumkan pemenang dan memberikan hadiah serta sesi foto-foto untuk pendokumentasian. Kegiatan ini juga turut andil dalam mengamalkan Tri Dharma Perguruan Tinggi khususnya di bidang pengabdian Masyarakat dan mendukung ke-3 SDG's yaitu “Kesehatan dan Kesejahteraan yang Baik”.

“Dengan adanya kegiatan penyuluhan ini, diharapkan kita semua terkhusus para wanita bisa menjaga dan lebih waspada terhadap kesehatan bagian organ reproduksinya, sehingga bisa mencegah terjadinya infeksi penyakit kanker serviks” Ujar Maulidya Nur Baithi selaku ketua pelaksana kegiatan PJBL.

 

Penulis : Kharisma Damayanti
Editor : Salwa Az Zahra (Wartawan Keperawatan Airlangga)

Pin It
Hits 315

Berita Terbaru