INFORMASI TEST ELPT (KLIK DISINI)

Perwujudan Pencegahan Primer, Mahasiswa FKp Unair Mengadakan Kegiatan Sosialisasi Pencegahan Kanker Payudara kepada Kalangan Generasi Muda

  • By Salwa Az Zahra
  • In Ners News
  • Posted 31 December 2023

NERS NEWS - Peningkatan kasus kematian akibat kanker payudara pada wanita menjadi salah satu permasalahan kesehatan yang dihadapi. Globocan 2020 mencatat, terdapat 68.858 kasus baru kanker payudara di Indonesia. Sebanyak 70 persen kasus kanker payudara baru terdeteksi saat sudah di tahap lanjut. Padahal, 43 persen kematian akibat kanker bisa diminimalkan apabila penderita kanker dapat melakukan deteksi dini dan menghindari faktor risiko penyebab. Tindakan pencegahan dan deteksi dini menjadi program penting yang harus digalakkan oleh semua pihak tak terkecuali bagi kami mahasiswa Fakultas Keperawatan.

Oleh karena itu, kami selaku mahasiswa kelompok 1 Keperawatan Agregat Komunitas Kelas A3 Angkatan 2021 telah melaksanakan Project Based Learning dengan kegiatan sosialisasi mengenai pencegahan kanker payudara yang dilaksanakan secara offline di Ruang Kuliah SC Roy, Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga pada hari Rabu, 20 Desember 2023 pukul 15.00 WIB. Sasaran sosialisasi ini adalah mahasiswi Unair jurusan non kesehatan. Kegiatan ini berjudul “RISING UP TOGETHER”. Kegiatan sosialisasi ini merupakan kolaborasi antara kelompok 1 dan kelompok 2 Kelas A3. Kelompok 1 Kelas A3 menyampaikan materi “DEDIKASI” yakni Deteksi Dini Kanker Payudara Sendiri.

Kegiatan sosialisasi meliputi registrasi peserta, pembukaan, pengisian pre-test, penyampaian materi mengenai kanker payudara, sesi tanya jawab, demonstrasi SADARI, pengisian post-test, awarding peserta, dan ditutup dengan dokumentasi bersama. Dalam sosialisasi ini kami mengajak para mahasiswi Unair untuk lebih mengenal mengenai kanker payudara, tanda dan gejala kanker payudara, serta cara mencegah payudara dengan CERDIK.

Peserta semakin antusias saat dilakukan demonstrasi SADARI yang dipimpin oleh pemateri. Salah satu peserta turut memperagakan SADARI dengan menggunakan phantom breast care dan didampingi oleh pemateri. Kegiatan ini berlangsung dengan lancar, peserta pun sangat interaktif baik saat mendengarkan pemaparan materi, sesi tanya jawab, dan demonstrasi. Peserta menyampaikan bahwa rangkaian kegiatan yang dilakukan sangat bermanfaat karena dapat meningkatkan pengetahuan dan kesadaran untuk rutin melakukan sadari.

Dengan berlangsungnya sosialisasi ini, kami berharap pengetahuan dan pemahaman peserta terkait kanker payudara dapat meningkat dan diharapkan para wanita selalu waspada terhadap tanda dan gejala yang timbul terkait penyakit kanker payudara dengan rutin melakukan SADARI.

 

Penulis : Nony Kristianda, Salsabila Herlina, Aryan Firmansyah
Editor : Salwa Az Zahra (Airlangga Nursing Journalist)

Pin It
Hits 327

Berita Terbaru