INFORMASI TEST ELPT (KLIK DISINI)

Acara BERSEMI (Berkolaborasi dan Saling Mengasihi) 2023 Sukses Digelar oleh Kelompok 2 Kelas A3/2021 sebagai Upaya untuk Meningkatkan Kebahagiaan Para Lansia di UPTD Kalijudan

  • By Salwa Az Zahra
  • In Ners News
  • Posted 03 January 2024

NERS NEWS - Mahasiswa Kelompok 2 Kelas A3 pada mata kuliah keperawatan Ajal dan Paliatif telah berhasil menyelenggarakan kegiatan di UPTD Kalijudan dengan sasaran yaitu lansia. Tema yang diusung kelompok adalah "BERSEMI: Berkolaborasi dan Saling Mengasihi”. Pada kegiatan ini, kelompok 2 melakukan kolaborasi dengan kelompok 1 untuk merangkai kegiatan acara dengan beberapa sub kegiatan yang menarik. Dari kelompok 2 membuat beberapa agenda kegiatan utama, diantaranya senam rematik, sharing bersama dan kesan pesan (surat cinta), serta tak lupa juga ada cek kesehatan (meliputi pengukuran TD dan cek gula darah).

Pada kegiatan pertama adalah cek kesehatan yang dilakukan pada setiap lansia. Tujuan cek kesehatan ini dapat membantu para lansia untuk mengevaluasi kesehatan tubuhnya. Selanjutnya, kegiatan senam rematik, ini bertujuan untuk membuat tubuh menjadi lebih rileks atau tidak kaku. Sehingga, harapannya para lansia yang telah melaksanakan senam dapat membantu meningkatkan efektivitas anggota gerak tubuhnya. Kemudian, sharing session sekaligus sesi penyampaian kesan dan pesan terkait keberlangsungan acara atau kegiatan. Para mahasiswa mendampingi setiap lansia untuk diajak berinteraksi kemudian diakhir sesi mahasiswa pendamping kelompok membantu para lansia untuk menuliskan kesan dan pesannya pada kertas berbentuk love.

Segala bentuk agenda kegiatan yang telah dilakukan meningkatkan manfaat yang baik dalam bidang fisik, sosial, maupun psikologis dari lansia tersebut. Salah satu lansia dengan inisial A mengatakan bahwa "Saya sangat senang, mbak-mbak dan mas-mas yang telah hadir disini semuanya ramah-ramah dan bisa membawakan nuansa baru yang menghibur. Selain itu, saya jadi lebih semangat dan bahagia setelah melewati kegiatan ini". Melalui hal tersebut, dapat dibuktikan secara langsung bahwa kegiatan PJBL yang telah kami laksanakan ini membawakan dampak positif yang sangat baik kepada sasaran. Para lansia terlihat sangat antusias untuk mengikuti segala bentuk kegiatan yang diadakan oleh para mahasiswa.

Harapan dari kami semua selaku panitia yang melaksanakan kegiatan ini yaitu dapat memaksimalkan kualitas hidup dari para lansia yang berada di UPTD Kalijudan, selain itu upaya kecil yang kami buat ini dengan menjadikan wadah untuk mereka dapat bercerita serta berkeluh kesah. Selain itu, dapat meningkatkan semangat mereka dalam menjalani kehidupan untuk kedepannya menjadi lebih baik serta dilingkupi oleh perasaan yang aman dan damai.

 

Penulis: Maulidya Nur Baithi
Editor: Salwa Az Zahra (Airlangga Nursing Journalist)

Pin It
Hits 311

Berita Terbaru