INFORMASI TEST ELPT (KLIK DISINI)

CEKAT 2023: Mengajak Siswa SMK Farmasi Surabaya dalam Serunya Kegiatan PJBL K3 Melalui Demonstrasi!

  • By Salwa Az Zahra
  • In Ners News
  • Posted 03 January 2024

NERS NEWS - Pada hari Jumat (15/12/2023), kelompok genap kelas A1 angkatan 2022 Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga melaksanakan kegiatan Project Based Learning (PJBL) di SMK Farmasi Surabaya yang berlokasi di Jl. Kapasari No. 3-5 Surabaya. Kegiatan PJBL ini berupa edukasi dan demonstrasi mengenai keselamatan dan kesehatan kerja.

Kegiatan PJBL ini dengan nama kegiatan CEKAT: Cegah Kecelakaan, Tingkatkan Keselamatan dengan tema penuh makna yakni “Upaya Peningkatan Kewaspadaan Terhadap Keselamatan Kerja.” Kegiatan PJBL ini diawali dengan pemberian pengantar edukasi cegah kecelakaan kerja dan teman-teman SMK Farmasi pun sangat antusias dalam mendengarkan edukasi tersebut. Setelah dilakukannya edukasi, untuk memperdalam pengetahuan dan kemampuan SMK Farmasi setelah edukasi yang diberikan, dilanjutkan dengan demonstrasi keselamatan dan kesehatan kerja.

Mekanisme demonstrasi melibatkan pembagian teman-teman dari SMK Farmasi ke dalam beberapa kelompok, di mana setiap kelompok didampingi oleh seorang kakak pendamping yang akan secara langsung mempraktekkan demonstrasi. Setelah sesi demonstrasi, dilanjutkan dengan sesi tanya jawab yang menggambarkan antusiasme tinggi dari siswa SMK Farmasi. Terlihat bahwa banyak dari mereka mengangkat tangan untuk aktif berpartisipasi dalam sesi tanya jawab. Sebagai panitia, kami mengapresiasi tingginya antusiasme ini.

Demonstrasi ini diadakan dengan tujuan untuk mendalamkan pemahaman siswa mengenai risiko dan bahaya yang terkait kecelakaan kerja dan langkah-langkah penangananya. “Harapannya Proses edukasi dan demonstrasi ini bukan hanya sekedar penyampaian informasi, melainkan juga merupakan langkah konkret dalam membentuk sikap proaktif terhadap keselamatan di tempat kerja. Dengan demikian, diharapkan para siswa-siswi tidak hanya memahami teori K3, tetapi juga mampu mengimplementasikannya dengan tanggung jawab saat berada di dunia praktik”. Ungkap Nuamirul Abidin selaku ketua pelaksana.

Dengan diadakannya edukasi dan demonstrasi ini, diharapkan siswa-siswi dapat mengembangkan pemahaman yang lebih mendalam mengenai Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3), khususnya dalam upaya pencegahan kecelakaan kerja. Tujuan utamanya adalah agar mereka dapat mengaplikasikan pengetahuan ini dengan baik saat melakukan praktik di laboratorium, bekerja di lapangan, atau melanjutkan pendidikan mereka. Melalui pemahaman tentang langkah-langkah pencegahan kecelakaan kerja, diharapkan para siswa-siswi dapat menciptakan lingkungan kerja yang lebih aman dan meminimalkan risiko yang mungkin terjadi.

 

Penulis: Luluk Mursidah Mukhofi
Editor : Salwa Az Zahra (Airlangga Nursing Journalist)

Pin It
Hits 357

Berita Terbaru